Pertanyaan Anak-Anak pada FAB 2019

Oleh: Hendra Gunawan* (Ketua Panitia FAB 2019)

Festival Anak Bertanya (FAB) telah digelar berbarengan dengan Festival Planet Sains (FPS) di Sabuga dan Saraga ITB pada hari Minggu tanggal 28 Juli 2019, dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional 2019. Sekitar 5000 anak-anak dan dewasa menghadiri FAB (dan FPS) 2019, yang berlangsung dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. (Sila baca beritanya di kumparanMOM, salah satu media partner FAB 2019.)

Sebagai penggagas acara festival tahunan ini, Perkumpulan Mitra Anak Bertanya (PMAB) membuka booth, mengundang anak-anak untuk mampir membaca buku-buku Anak Bertanya Pakar Menjawab dan buku-buku bergambar Seri Anak Bertanya.

Selain itu, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, anak-anak dapat menuliskan pertanyaan yang selama ini membuat mereka penasaran.

Nah, di antara seratusan pertanyaan dari anak-anak yang mampir ke booth PMAB, sepuluh pertanyaan di bawah ini dapat menarik perhatian kita, para orang dewasa.

  1. Bagaimana bisa jadi astronot? (Valerie, 4 tahun)
  2. Kenapa ikan tidak bisa tidur? (Athaya, 5 tahun)
  3. Mengapa Tuhan menciptakan manusia? (Kenzie, 7 tahun)
  4. Apakah alien itu ada? (Dea, 8 tahun)
  5. Mengapa terjadi gempa? (Janice, 8 tahun)
  6. Kenapa kita harus punya cita-cita? (Kalea, 9 tahun)
  7. Apa itu bintang jatuh? (Hasna Najda Taqiyyah, 10 tahun)
  8. Apa yang terjadi jika manusia masuk ke dalam black hole? (Arga, 10 tahun)
  9. Apakah Mars bisa menjadi tempat tinggal? (Steven, 11 tahun)
  10. Kenapa sidik (jari) setiap orang itu beda? (Riefka Hasna, 14 tahun)

Ayo, adakah di antara Anda yang tertantang untuk menjawab salah satu di antara sepuluh pertanyaan di atas? Bila ada, sila tuliskan jawabannya dalam 150-300 kata, disertai dengan ilustrasi bila perlu. Jawabannya nanti akan diterbitkan di situs ini.

Foto oleh: HG

*Hendra Gunawan adalah dosen Matematika, FMIPA-ITB. Selain mengelola situs anakbertanya.com ini, ia juga menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Festival Anak Bertanya yang digelar setiap tahun sejak 2015.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.