Apakah Dokter Bisa Menyembuhkan Penyakit?

Oleh: Diryati Widyantari* (Dokter)

Halo Dik Vany, pertanyaan kamu bagus sekali. Seringkali jika kita sakit, hal pertama yang terpikirkan adalah pergi ke dokter untuk berobat. Harapannya, setelah meminum obat dari dokter, kita sembuh dari penyakit. Tapi, apa benar dokter bisa menyembuhkan penyakit?

Selama hidupnya, ada kalanya manusia terkena penyakit atau kecelakaan yang menyebabkan kita merasa tidak nyaman, dan gerak kita terbatas dalam beraktivitas sehari-hari. Ribuan tahun manusia berusaha memahami tubuhnya sendiri, dan mencoba meracik ramuan dan teknik pengobatan untuk mengusir berbagai macam penyakit. Kita mengenal istilah dukun atau orang pintar, mereka merupakan para penyembuh yang terkenal di zamannya. Ada juga tabib, shaman, dan penyembuh-penyembuh lainnya yang mewarisi pengalaman nenek moyang mereka dalam ilmu pengobatan.

Di zaman modern ini, munculah sosok dokter. Siapakah dokter? Mereka juga ahli pengobatan, namun dengan landasan prinsip yang berbeda dengan ahli-ahli pengobatan sebelumnya. Jika dukun dan tabib berdasarkan ilmu nenek moyang, para dokter mengambil dasar pengobatan dari hasil penelitian ilmiah, utamanya obat-obatan yang diuji di laboratorium!

Saat seorang dokter mendengarkan cerita pasien, lalu menyimpulkan untuk melakukan pemeriksaan ini dan itu, sebenarnya dokter sedang melihat secara objektif apakah yang terjadi pada tubuh pasiennya. Secara subjektif, pasien merasakan ini dan itu. Dan secara objektif, misal suara paru-parunya terdengar seperti ini, dan hasil cek darahnya menunjukkan itu. Setelah ada kecocokan antara apa yang dirasa pasien dan hasil pemeriksaan lainnya, barulah dokter menyimpulkan nama penyakit.

Dan berdasarkan penelitian juga, obat yang cocok untuk menyembuhkan penyakit ini adalah obat A, B, C. Setelah diberikan obat, dokter akan meminta pasien untuk datang kembali beberapa hari kemudian, untuk memeriksa apakah obat memberikan respons yang sesuai supaya pasien bisa sembuh.

Pengobatan dengan dokter sangatlah dinamis, karena bermacam penyakit punya karakternya masing-masing. Jika sakitnya ringan, tentu hanya dengan diberi obat akan sembuh dengan cepat. Namun untuk beberapa penyakit berat, pasien disarankan untuk berobat rutin atau dirawat inap. Pasien juga karakternya bermacam-macam, ada yang penurut, ada yang punya alergi, ada pula yang bandel sehingga penyakitnya sering kumat, he he.

Kesimpulannya, apakah dokter bisa menyembuhkan penyakit? Sebenarnya, tergantung dari tingkat keparahan penyakitnya, apakah jenis penyakitnya bisa tuntas disembuhkan atau merupakan penyakit yang sudah merusak organ tubuh. Dokter akan selalu berusaha memberikan pengobatan terbaik, tetapi dokter bukan mekanik yang bisa semudah mengganti spare part mesin yang rusak.

Ada beberapa kasus dimana kerusakan tubuh tidak bisa diperbaiki. Atau beberapa kasus lain dengan kondisi pasien telat untuk dibawa berobat. Pada tahap ini, dokter hanya bisa memberikan terapi dukungan. Hal lain yang juga mempengaruhi kesembuhan ialah karena dokter menghadapi manusia, jadi dokter memerlukan kerja sama sang pasien beserta keluarganya untuk disiplin mematuhi saran pengobatan yang diberikan.

Jadi, pada akhirnya, kesembuhan pasien ada di tangan pasien yang mau berusaha untuk sembuh. 🙂

Sumber gambar: https://clipart-library.com

*Diryati Widyantari saat ini bekerja sebagai dokter umum di kota Cilegon, Banten. Ia dapat dihubungi via akun Instagram-nya, yaitu @dirwidya01.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.