Apakah Dokter Bisa Menyembuhkan Penyakit? -II

Oleh: Patria Wardana Yuswar* (Dokter) Wah, pertanyaannya bagus sekali ya. Sebenarnya, pertanyaan ini memang sudah lama diperdebatkan di kalangan para ahli-ahli kedokteran di seluruh dunia. Supaya mendapat gambaran tentang jawabannya, kita bahas selintas dahulu mengenai peran dokter, kesembuhan, dan ragam penyakit ya! Dokter adalah profesi yang mempelajari cara kerja normal tubuh manusia, sekaligus juga kondisi-kondisi […]

Apakah Dokter Bisa Menyembuhkan Penyakit?

Oleh: Diryati Widyantari* (Dokter) Halo Dik Vany, pertanyaan kamu bagus sekali. Seringkali jika kita sakit, hal pertama yang terpikirkan adalah pergi ke dokter untuk berobat. Harapannya, setelah meminum obat dari dokter, kita sembuh dari penyakit. Tapi, apa benar dokter bisa menyembuhkan penyakit? Selama hidupnya, ada kalanya manusia terkena penyakit atau kecelakaan yang menyebabkan kita merasa […]

Siapa Dokter Pertama di Dunia?

Oleh: Diryati Widyantari* (Sarjana Kedokteran) Halo, Dik Qaireen! Pertanyaan yang bagus sekali. Kalo Adik ingin tahu siapa dokter pertama di dunia, berarti boleh dong ya Kakak cerita soal sejarah awal mula kedokteran di dunia ini. Tenang kok, Kakak janji gak bakal boring ceritanya… Sejak zaman dulu, manusia sudah tertarik dengan penyakit dan bagaimana mengobatinya. Manusia […]

Kalau Aku Ingin Jadi Dokter, Mengapa Aku Harus Belajar IPS, Bahasa Inggris, PKN, dan Lain-lain?

Oleh: Diryati Widyantari* (Mahasiswa FK Unpad) Halo Dik Monica… Kakak senang deh Adik bersemangat ingin jadi dokter. Semoga nanti kita bisa jadi teman sejawat ya, sesama dokter yang saling membantu layaknya saudara. Kebetulan Kakak sekarang masih sedang menempuh kuliah di Fakultas Kedokteran, walau perjalanan untuk menjadi dokter masih jauh nih. Dari pengalaman Kakak belajar di […]