Bagaimana Virus Bisa Membuat Kita Sakit?

Oleh: Patria Wardana Yuswar* (Dokter)

Wah, ini pertanyaan yang amat baik karena virus sangat dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari kita. Agar bisa menjawab pertanyaannya, kita bahas mengenai virus itu sendiri dahulu ya!

Virus merupakan “makhluk” yang berukuran sangat kecil, bahkan lebih kecil dari bakteri. Mikroskop biasa tidak bisa dipakai untuk melihat virus. Nah, mirip dengan makhluk hidup pada umumnya, virus memiliki berbagai spesies. Namun, apa pun spesiesnya, semua virus memiliki satu kesamaan, yaitu bergantung pada makhluk hidup lainnya supaya bisa berkembang biak.

Supaya bisa berkembang biak, setiap virus perlu memasuki sel yang ditujunya. Sebagai contoh, virus influenza perlu memasuki sel-sel dinding saluran pernapasan supaya bisa memulai aktivitasnya. Di dalam sel tersebut, virus membajak keseluruhan sistem sel tersebut untuk berkembang biak menjadi ribuan kali lipat.

Dengan cara itu, virus mencuri beragam sumber daya sel tersebut sampai akhirnya sel kehabisan sumber daya. Akhirnya, sel tersebut akan mati. Bayangkan proses ini terjadi tidak hanya di satu sel saja, tetapi di ribuan hingga jutaan sel tubuh kita. Akibatnya, kita akan jatuh sakit.

Nah, supaya tidak mudah terinfeksi virus, ternyata ada pencegahan yang bisa kita lakukan! Pertama, kita harus menjaga kebersihan dengan cara cuci tangan dengan sabun setelah menyentuh benda-benda kotor. Lalu, kita juga perlu menghindari menyentuh area muka kita sebelum cuci tangan karena bisa menjadi jalan masuk virus.

Di samping itu, kita juga perlu memakan makanan gizi seimbang, yaitu ada makanan pokok, lauk-pauk, sayur, dan buah. Terakhir, Adik-adik harus mengikuti program imunisasi yang diwajibkan. Jadi, walaupun sakit saat disuntik, tujuannya supaya Adik-adik tidak mudah terkena penyakit yang membahayakan, seperti polio dan cacar.

Sumber gambar: Wikipedia

*Patria Wardana Yuswar adalah adalah dokter lulusan Universitas Indonesia. Ketika masih mahasiswa, ia pernah menjabat sebagai Pemimpin Redaksi di badan jurnalistik. Ia gemar menulis topik medis untuk awam dan profesional, serta terlibat di dalam penulisan berbagai buku-buku dan situs web medis.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.