Dari Mana Asal Gravitasi? Apabila Bumi Hancur, Apakah Kita Akan Melayang?

Oleh: Fourier Dzar Eljabbar Latief* (Fisikawan)

Gravitasi, dalam hal ini gravitasi Bumi, merupakan gaya yang menarik benda-benda di sekitar permukaan bumi, atau yang cukup dekat dengan permukaan Bumi. Gaya tarik ini mirip dengan yang terjadi ketika magnet menarik beberapa jenis logam seperti besi.

Nah, yang membuat Bumi bisa menarik benda-benda di sekitarnya adalah massa Bumi yang sangat besar, tentunya jika dibandingkan dengan massa benda-benda di sekitar Bumi, atau yang dekat dengan permukaan Bumi. Adanya massa pada suatu benda inilah yang menyebabkan adanya gaya gravitasi.

Lalu apabila Bumi hancur, dan misalnya pecah menjadi kepingan yang sangat kecil, maka tentunya gaya tarik gravitasi dari kepingan-kepingan kecil ini juga akan sangat kecil. Dengan demikian, manusia tidak akan merasakan pengaruh dari gaya tarik tersebut, seperti halnya kita tidak merasakan ada gaya tarik dari batu-batu di sekitar kita. Adik-adik bisa menerka apa yang terjadi selanjutnya.

Sebagai tambahan cerita, jika kalian berada di permukaan Bulan, maka gaya tarik gravitasi yang kalian rasakan akan lebih kecil jika dibandingkan dengan gaya tarik gravitasi Bumi. Itu terjadi karena massa Bulan lebih kecil dari massa Bumi. Dengan demikian, kalau kalian berjalan di permukaan Bulan, lalu kalian melompat, maka lompatan kalian akan lebih tinggi dibandingkan dengan lompatan kalian di Bumi.

*Fourier Dzar Eljabbar Latief mendapat gelar Sarjana, Master, dan Doktor dalam bidang Fisika dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung (FMIPA-ITB). Sekarang ia menjadi dosen bidang Fisika di Kelompok Keahlian Fisika Bumi dan Sistem Kompleks, FMIPA-ITB.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: