Dari Mana Asalnya Minyak Bumi?

Oleh: Yogi Alwendra* (Mahasiswa Program Doktor Ilmu Kebumian)

Adik-adik mungkin bertanya-tanya bagaimana mobil bisa bergerak dan pesawat bisa terbang di udara? Banyak yang menjawab karena ada mesinnya. Betul, karena mesinnya. Lalu, bagaimana mesin-mesin itu bisa bergerak? Nah, mesin-mesin mobil dan pesawat tersebut memerlukan “sesuatu” yang bisa menggerakkannya. “Sesuatu” itu adalah bahan bakar. Sebagian besar bahan bakar ini berasal dari minyak bumi loh.. Ya, minyak bumi itu adalah minyak yang pada awalnya terbentuk di dalam perut Bumi. Minyak ini kemudian diangkat ke atas permukaan Bumi dengan melakukan pemboran.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah, dari mana asalnya minyak bumi? Banyak ahli Geologi dan Perminyakan terkemuka berpendapat bahwa minyak bumi ini berasal dari makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) yang telah tertimbun (terendapkan) ratusan juta tahun lalu di bawah permukaan Bumi.

Pada awalnya makhluk hidup ini terletak di atas permukaan Bumi. Lalu, seiring dengan berjalannya waktu, tumpukan makhluk hidup tersebut tertimbun oleh lapisan-lapisan lainnya karena proses terbawa angin, atau air. Tumpukan makhluk hidup tersebut dapat tercerai-berai menjadi lebih halus karena proses terbawa oleh angin, air, atau karena proses pembusukan. Lama kelamaan, tumpukan ini (yang merupakan cikal bakal minyak bumi) mengendap pada kedalaman yang cukup dalam. Bayangkan, cikal bakal minyak bumi ini bisa loh terendapkan pada kedalaman belasan atau puluhan kilometer di bawah permukaan Bumi.

Oil

Nah, setelah tumpukan makhluk hidup ini terendapkan di bawah permukaan Bumi, cikal bakal terbentuknya minyak bumi ini mengalami pemanasan dari dalam Bumi. Perlu adik-adik ketahui, bahwa Bumi kita ini berlapis-lapis, seperti kue lapis legit. Di bawah lapisan-lapisan tersebut terdapat sumber panas yang luar biasa. Makin dalam makin panas loh..

A-ha, pada akhirnya, tumpukan makhluk hidup ini mengalami pemanasan dari dalam Bumi sendiri. Makin dalam posisi endapan itu berada, maka cikal bakal minyak bumi ini cenderung mendapatkan panas yang besar. Akhirnya, cikal bakal minyak bumi ini dapat menjadi minyak bumi yang banyak dicari oleh para ahli Geologi, Geofisika dan Perminyakan untuk bisa dimanfaatkan oleh manusia seperti untuk bahan bakar mobil atau pesawat terbang.

Adik-adik, kurang lebih begitu proses terbentuknya minyak bumi di Bumi kita.

Sumber gambar: http://dogfoose.com

*Yogi Alwendra meraih gelar Sarjana dalam bidang Teknik Geofisika dari ITB pada tahun 2007. Ia kemudian bekerja di Pusdatin ESDM, dan saat ini tercatat sebagai mahasiswa Program Doktor Ilmu Kebumian di University of Melbourne, Australia.

Catatan dari Editor: Tulisan ini sekaligus menjawab pertanyaan dari YA26 (Yogyakarta) tentang bagaimana proses terbentuknya minyak bumi.

3 thoughts on “Dari Mana Asalnya Minyak Bumi?

  1. Minyak bumi itu kan dari kalsium karbonat dan oksida besi, dua senyawa yang melimpah di kerak bumi salah cuuy kalian dibohongi ama elite global.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.