Siapa yang Menciptakan Tangram?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Lala, kamu bertanya siapa yang menciptakan tangram, berarti kamu sudah tahu apa itu tangram dong? Kamu juga sudah sering bermain tangram ya? Bagi adik-adik lainnya yang belum mengenal tangram, ini loh benda yang sedang kita bicarakan sekarang:

Tangram biasanya terbuat dari kayu, atau bisa juga dari kartun yang cukup tebal bila adik-adik mau membuatnya sendiri. Perhatikan ada berapa potong kayu/kartun pada tangram di atas. Ada 7 potong, ya ‘kan? Ada 2 segitiga besar, 1 segitiga sedang, 2 segitiga kecil, 1 persegi, dan 1 jajar genjang. Bermain dengan tangram sama dengan menyusun ketujuh potong tersebut, yang pada awalnya berserakan, menjadi sebuah persegi besar, seperti pada gambar di atas. Adik-adik bisa juga menyusunnya menjadi sebuah bentuk yang menarik, seperti di bawah ini.

Siapa yang menciptakan mainan kayu ini tidak diketahui dengan pasti, namun tangram berasal dari Tiongkok dan diperkirakan sudah ada sejak Dinasti Song (960-1279 M). Perhatikan bahwa kata “tangram” terbentuk dari dua suku kata: “tan” dan “gram”. Menurut cerita, mainan ini diciptakan oleh ‘seorang’ dewa Tiongkok bernama Tan sekitar 4000 tahun yang lalu.

Nama tangram sendiri kemungkinan dicetuskan oleh orang Inggris, setelah mainan ini menjadi populer di Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya pada awal abad ke-19. Adik-adik mungkin tahu beberapa kata lain yang berakhir dengan suku kata “gram”, misalnya telegram, diagram, dan lain-lain.

O ya, baru-baru ini, saya juga membuat tangram yang terdiri dari 11 potong, seperti di bawah ini.

Tangram_1

Apa yang menarik dengan tangram ini? Yang pertama, tangram ini bisa disusun menjadi sebuah persegi yang ukurannya sedikit lebih kecil, seperti ini:

Tangram_2

Perhatikan bahwa selisihnya dengan persegi semula hanya 1 persegi satuan (yang berwarna hitam itu).

Yang kedua, tangram ini bisa disusun juga menjadi 3 buah persegi, dengan perbandingan panjang sisi dari ketiganya 3 : 4 : 5.

Tangram_3

Kalau adik-adik sudah belajar Dalil Pythagoras, adik-adik pasti tahu bahwa hubungan 32 + 42 = 52 berlaku pada segitiga siku-siku dengan alas = 3 satuan, tinggi = 4 satuan, dan sisi miring = 5 satuan.

Sumber gambar:

1. http://en.wikipedia.org

2. http://foamology101.com

3 – 5. Koleksi pribadi.

*Hendra Gunawan tercatat sebagai dosen Matematika di FMIPA ITB sejak 1988. Ia mendapatkan gelar doktor dalam bidang Matematika dari UNSW Australia pada tahun 1992. Selain mengajar, ia sering memberi pelatihan pada guru, dan kini ia juga meluangkan waktunya bagi anak-anak.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.