Bagaimana Gunung Terbentuk?*

Oleh: Dasapta Erwin Irawan (Geolog)

Adik-adik, pertanyaan mengapa gunung kebanyakan berbentuk ‘segitiga’ dan bagaimana gunung terbentuk sangat berhubungan erat. Saya akan jelaskan bagaimana gunung terbentuk lebih dahulu ya.

Gunung terbentuk karena ada sumber panas di bawah tanah. Sumber panas tersebut adalah magma. Magma ini panas dan bertekanan tinggi. Oleh karenanya, ia akan mencari jalan ke permukaan melalui retakan-retakan pada batuan.

Pada saat magma muncul ke permukaan, magma disebut sebagai lava dan peristiwanya disebut erupsi atau letusan gunung berapi. Ada letusan yang dahsyat karena magmanya kental dan bertekanan sangat tinggi (seperti yang terjadi dengan G. Krakatau, lihat videonya di sini), ada pula letusan yang lemah karena magmanya encer dan bertekanan rendah (seperti yang terjadi dengan gunung di Hawaii).

Bila erupsi (atau letusan gunung berapi) ini berlangsung berulang kali, maka lambat laun titik letusannya akan bertambah tinggi, karena bertumpuknya hasil letusan sebelumnya. Tumpukan berbagai macam hasil letusan inilah yang menyebabkan bentuk gunung perlahan tapi pasti akan terlihat mirip dengan bentuk ‘segitiga’ (bila dilihat dari jauh).

Namun, ada juga lho gunung yang tidak berbentuk segitiga. Kalau materi yang dikeluarkan oleh gunung tersebut setiap kali meletus adalah lava yang encer, maka gunungnya akan berbentuk seperti ‘perisai perang’ (dilihat dari samping), bukan segitiga. Gunung seperti ini bisa adik-adik lihat di Hawaii.

Semoga penjelasan ini menjawab pertanyaan adik-adik. Salaaam!

Sumber gambar: http://rantinghijau.wordpress.com

*Catatan dari Editor: Jawaban ini sekaligus menjawab pertanyaan “Mengapa Gunung Berbentuk ‘Segitiga’?

4 thoughts on “Bagaimana Gunung Terbentuk?*

  1. mengapa bisa terjadi gunug gundul dan bukan karena pohon atau tanaman nya di tebang ???

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.