Mengapa Tidak Semua Orang Bisa Menjadi Penyanyi atau Musisi? Adakah Orang yang Memainkan 10 Alat Musik?

Oleh: Robi Rusdiana* (Musisi)

Sebenarnya, setiap orang bisa menjadi seorang penyanyi atau musisi. Untuk menjadi seorang penyanyi atau musisi, seseorang harus belajar dan berlatih dengan keras, tidak hanya mengandalkan bakat yang dimilikinya. Nah.. seseorang yang menjadi penyanyi atau musisi, pada umumnya telah meluangkan banyak waktunya untuk belajar dan berlatih musik, termasuk menikmati kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.

Jika ada orang yang selalu merasa mengalami kesulitan ketika belajar atau berlatih musik, sebenarnya ia hanya menyerah terlalu cepat, gampang bosan, terlalu banyak mengeluh, dan juga ingin cepat bisa. Bukan hanya untuk menjadi penyanyi atau musisi saja, tetapi juga jika kamu ingin menjadi dokter, pilot, ataupun bidang pekerjaan lainnya, kamu harus bekerja keras untuk mewujudkan semua itu.

Adakah orang yang memainkan 10 alat musik sendiri?

Seorang komponis atau komposer biasanya menguasai lebih dari 1 alat musik, bahkan lebih dari 10 alat musik, dan ia pun terkadang membuat alat musiknya sendiri. Hal ini dikarenakan seorang komposer harus mempelajari karakter dari alat musik yang akan ia gunakan dalam membuat sebuah karya musik.

Di Indonesia, tepatnya di Bandung, ada musisi yang senang membuat alat musiknya sendiri, yaitu Dodong Kodir. Ia membuat alat musik dari berbagai alat yang cukup aneh, mulai dari sejenis buah atau sayuran hingga sisa-sisa limbah industri.

Jadi, tidak sedikit orang yang mampu memainkan 10 alat musik bahkan lebih, namun jika harus memainkan 10 alat musik sendirian secara sekaligus dalam sebuah pertunjukan, kita harus menggunakan alat bantu khusus.

Sumber gambar: http://www.kaskus.co.id

*Robi Rusdiana meraih gelar Sarjana Seni Musik dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, dan saat ini sedang menempuh program studi magister di Sekolah Tinggi Seni Indonesia, Bandung.

One thought on “Mengapa Tidak Semua Orang Bisa Menjadi Penyanyi atau Musisi? Adakah Orang yang Memainkan 10 Alat Musik?

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.