Mengapa Tidak Ada Hadiah Nobel dalam Bidang Matematika?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Hadiah Nobel digagas oleh Alfred Nobel, seorang kimiawan dan pengusaha asal Swedia, dan diberikan kepada ilmuwan atau individual yang berjasa dalam bidang Kimia, Fisika, Kedokteran, Sastra, atau Perdamaian, sejak tahun 1901.

Pertanyaan mengapa tidak ada Hadiah Nobel dalam bidang Matematika sering diajukan orang. Jawabannya hanya Alfred Nobel yang tahu. Kemungkinannya karena ia tidak terlalu mengapresiasi matematika. Kemungkinan lainnya adalah karena pada saat itu sudah ada penghargaan bergengsi dari Raja Swedia untuk para matematikawan.

Walau demikian, ada Hadiah Abel yang diberikan setiap tahun oleh Raja Norwegia, dan Medali Fields yang diberikan setiap empat tahun oleh International Mathematical Union, kepada para matematikawan atas pencapaiannya yang luar biasa.

Kembali ke Hadiah Nobel, sekalipun tidak ada Hadiah Nobel dalam bidang Matematika, ada banyak matematikawan yang telah mendapat Hadiah Nobel dalam bidang Sastra (yaitu Bertrand Rusell), bidang Fisika (antara lain John Bardeen, Max Born, dan Walter Bothe), bidang Ekonomi (antara lain John F. Nash, Robert J. Aumann, Kenneth Arrow, Gerard Debreu, dan Leonid Kantorovich), serta bidang Kimia (yaitu John Pople dan Herbert Hauptman).

Sumber gambar: Wikipedia

*Hendra Gunawan adalah dosen matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, sejak 1988. Pada tahun 2013, ia menggagas blog anakbertanya.com dan sejak itu mengelola blog tersebut yang menerbitkan jawaban para pakar atas berbagai pertanyaan anak-anak.

One thought on “Mengapa Tidak Ada Hadiah Nobel dalam Bidang Matematika?

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.