Geologi Itu Kerjanya Apa Lama? Misalnya Jarang Pulang Gitu…

Oleh: Asri Oktavioni Indraswari* (Geolog)

Dik Bayu, terima kasih atas pertanyaannya. Pekerjaan geologi memang bukan suatu pekerjaan yang umum dan ditemui sehari-hari ya, makanya menimbulkan banyak pertanyaan.

Untuk lulusan geologi sendiri nanti ada banyak cabang pekerjaan yang bisa ditekuni setelah lulus: ada yang menjadi mining geologist (geolog pertambangan), geomodeler (pembuat model geologi bawah tanah di perusahaan minyak & gas atau geotermal), wellsite geologist (geolog yang kerjanya di tempat pemboran sumur minyak — bisa di laut bisa juga di darat), geologi teknik (bekerja di perusahaan konstruksi yang membangun jalan tol dan infrastruktur atau pembangkit listrik), akademisi atau dosen, dan masih banyak lagi.

Nah, dari semua cabang pekerjaan di atas, tidak semuanya membuat si geolog harus pergi jauh dari rumah. Sebagai contoh, para geomodeler, geologi teknik, ataupun akademisi kebanyakan bekerja di kantor atau dalam ruangan, dan kemungkinan hanya akan sekali dua-kali ke lapangan — itu juga hanya beberapa hari hingga maksimal 2 minggu.

Sementara itu, para geolog pertambangan dan wellsite geologist biasanya bekerja dengan sistem roster atau pergantian karyawan, dengan periode dan durasi tetap tergantung kebijakan perusahaan. Yang paling umum dilakukan adalah sistem 4-2, yaitu 4 minggu di lapangan dan 2 minggu off alias bisa pulang.

Jadi, tidak semua lulusan geologi kerja di lapangan melulu dan jarang pulang, Bayu 😊. Semuanya kembali kepada pilihan masing-masing orang untuk memilih sistem kerja yang cocok bagi dirinya. Semoga jawaban saya mencerahkan ya!

Sumber gambar: http://kampuskita.upnyk.ac.id/

*Asri Oktavioni adalah geolog lulusan program master Petroleum Geoscience di IFP School Paris, yang sekarang menjadi dosen geologi di Universitas Indonesia. Bidang yang diminatinya meliputi ilmu-ilmu kebumian: geologi, meteorologi, oseanografi, dan astronomi. Ia dapat dihubungi melalui akun LinkedIn: https://id.linkedin.com/in/asriindraswari/.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.