Dari Manakah Datangnya Penyakit?

Oleh: Diryati Widyantari* (Dokter)

Halo Adik-adik.. Sebelum Kakak menjelaskan dari mana datangnya penyakit, coba kita cari tahu dulu yuk bagaimana proses terjadinya penyakit. Dengan mengetahui prosesnya, kita akan bisa mendeteksi asal dari berbagai macam penyakit!

Dalam ilmu epidemiologi (ilmu yang mempelajari tentang kesehatan masyarakat), kita mengenal beberapa macam teori mengenai proses terjadinya penyakit menular. Salah satu teori yang dipakai secara luas adalah segitiga epidemiologi. Model segitiga ini menggambarkan bahwa penyakit muncul akibat interaksi dari tiga komponen berikut: host (makhluk hidup tempat penyakit berkembang), agen (penyebab penyakit), serta lingkungan tempat host dan agen berada.

Saat terjadi ketidakseimbangan interaksi di antara segita tersebut, maka akan muncullah penyakit. Contoh mudahnya begini, ada seorang anak bernama Budi tinggal di rumah bersama kedua orang tuanya. Anak itu terkena sakit flu. Dalam contoh ini, bisakah Adik-adik tentukan siapa host, agen, dan lingkungannya?

Host dalam contoh ini adalah Budi, agennya adalah virus flu, dan lingkungannya adalah rumah! Virus flu selalu ada di sekitar Budi, menunggu untuk datang menginfeksi Budi. Dalam segitiga epidemiologi, lingkungan juga berperan penting menyebabkan Budi terkena penyakit.

Pada saat itu, kedua orang tua Budi sakit flu terlebih dahulu, membuat jumlah virus flu lebih banyak dari biasanya. Ditambah, saat itu keadaan udara lebih dingin dari biasanya, membuat sistem imun tubuh Budi lebih lemah. Kondisi ini membuat virus flu lebih mudah menginfeksi Budi, dan akhirnya dia jatuh sakit.

Dari contoh tersebut, apakah Adik-adik bisa menyimpulkan dari mana datangnya penyakit? Betul sekali… penyakit itu datangnya dari lingkungan sekitar, dibawa oleh agen dan masuk ke dalam tubuh manusia sebagai host! Namun, hal ini hanya berlaku untuk penyakit menular ya… penyakit yang datangnya dari luar tubuh.

Bagaimana untuk penyakit tidak menular? Seperti namanya, penyakit tidak menular datang dari dalam diri masing-masing. Beberapa terjadi karena kelainan dalam kode DNA tubuh, beberapa lainnya muncul akibat gaya hidup yang kurang sehat.

Semoga penjelasan Kakak bisa bermanfaat ya untuk Adik-adik semua. Sampai jumpa di artikel jawaban atas pertanyaan lainnya! 😀

Sumber gambar: http://clipart-library.com/clipart/198760.htm

*Diryati Widyantari saat ini bekerja sebagai dokter umum di kota Cilegon, Banten. Ia dapat dihubungi via akun Instagram-nya, yaitu @dirwidya01.

One thought on “Dari Manakah Datangnya Penyakit?

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.