Apa Itu Profesor?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Profesor adalah jabatan akademik tertinggi yang disandang oleh dosen di perguruan tinggi. Istilah yang setara dengan sebutan profesor adalah ‘guru besar‘.

Seseorang yang menjadi dosen di universitas atau perguruan tinggi Indonesia biasanya memulai jabatan akademiknya sebagai asisten ahli. Setelah bekerja sedikitnya dua tahun, ia dapat naik jabatan menjadi lektor. Setelah itu, bila kariernya bagus, ia dapat naik jabatan lagi menjadi lektor kepala.

Nah, setelah menjadi dosen sekurang-kurangnya selama sepuluh tahun dan menjabat sebagai lektor kepala sekurang-kurangnya selama dua tahun serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh universitas tempat ia bekerja dan ketentuan dari Pemerintah, ia dapat diangkat menjadi profesor dalam bidang keahliannya.

Tugas utama seorang profesor adalah memimpin pengembangan ilmu pengetahuan yang merupakan bidang keahliannya, di universitas atau perguruan tinggi tempat ia bekerja. Selain mengajar, seorang profesor biasanya juga melakukan penelitian, baik sendiri maupun bersama dengan dosen lain dan mahasiswa bimbingannya.

Sumber gambar: https://www.mindingthecampus.org

*Hendra Gunawan menjabat sebagai guru besar matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, sejak tahun 2006. Pada tahun 2013, ia menggagas blog anakbertanya.com dan sejak itu mengelola blog tersebut yang menerbitkan jawaban para pakar atas berbagai pertanyaan anak-anak.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.