Untuk Apa Orang Membuat Lukisan? -II

Oleh: Jendoel Hadi Santosa* (Pelukis)

Mengapa orang membuat lukisan merupakan pertanyaan lama yang sampai sekarang jawabannya beragam, tergantung siapa yang menjawabnya.

Bagi seorang anak kecil, melukis atau menggambar mungkin merupakan cara berkomunikasi secara visual sebelum dia mampu berkomunikasi secara verbal. Bagi seorang pekerja, karyawan, atau buruh, melukis bisa jadi merupakan hobi untuk menghibur diri, atau untuk mengurangi stres dan kebosanan.

Bagi seorang seniman, melukis adalah media untuk mengekspresikan diri, mengungkapkan cara pandang. Melukis adalah totalitas melihat, merasakan dan mewujudkan apa yang ada dalam dirinya. Melukis adalah menafsirkan kembali realitas.

Osaka Castle. Karya JHS

Selain media ekspresi dan hobi, melukis juga bisa menjadi profesi. Melukis bisa menghasilkan kekayaan dan ketenaran, walaupun umumnya bukan itu tujuan utama melukis.

Demikian Adik-adik, jawaban saya untuk pertanyaan “mengapa orang membuat lukisan?”

O ya, untuk mendapatkan jawaban yang paling tepat, lebih baik lagi jika Adik-adik mencoba membuat lukisan sendiri.

***

Foto oleh: HG

*Jendoel Hadi Santosa mulai melukis dengan media cat air sejak kelas 4 SD, hingga hari ini. Pernah berpameran bersama komunitas cat air di Jakarta dan Bali. Sebelumnya menekuni desainer grafis dan pernah menjadi penyiar radio di Makassar.

One thought on “Untuk Apa Orang Membuat Lukisan? -II

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.