Secepat Apa Cahaya Itu?

Oleh: Avivah Yamani* (Astronom; Pendiri LangitSelatan.com)

Bagi seseorang yang belum pernah melihat kendaraan, tentu ia akan berkata motor bergerak sangat cepat untuk mengantarkan seseorang. Lalu mobil dan kereta api bergerak lebih cepat lagi. Dan pesawat yang melintas di udara bergerak dengan kecepatan super.

Apalagi kalau melihat peluru ditembakkan atau menonton Superman yang terbang. Tentu kita akan berpikir betapa cepatnya peluru dan Superman bergerak.

Tetapi, ada yang jauhhhhh lebih cepat dari itu semua. Itulah cahaya. Iya, cahaya!

Speed-of-Light

Cahaya bergerak jauhhhhh lebih cepat dibanding apapun yang bisa bergerak di alam semesta ini. Ketika bergerak di ruang hampa, kecepatan cahaya itu 299.792.458 meter/detik. Supaya lebih mudah, kecepatan cahaya seringkali dibulatkan menjadi 300.000.000 meter/ detik atau 300.000 km/detik.

Bisa kamu bayangkan betapa cepatnya cahaya itu? Jika manusia bisa bergerak dengan kecepatan cahaya, maka kita akan bisa mengelilingi Bumi 7,5 kali hanya dalam waktu 1 detik!

Sumber gambar: http://www.astronomytime.com

*Avivah Yamani mendapatkan gelar magister dalam bidang Astronomi dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2007. Hijrah dari kajian Sistem Keplanetan yang sempat digeluti saat kuliah ke bidang komunikasi sains, ia saat ini aktif sebagai astronom komunikator dan pengelola langitselatan.com.

4 thoughts on “Secepat Apa Cahaya Itu?

  1. Cahaya bergerak jauhhhhh lebih cepat dibanding apapun yang bisa bergerak di alam semesta ini,apakah blum ditemukan partikel yg lebih cepat dari cahaya?

  2. Anak sy tanya, sederhana nya kalau kita lagi on/off senter, apakah itu yg disebut kecepatan cahaya 300.000 km/detik?

  3. Jika dari bumi ke planet X jaraknya 1.500.000 km, lalu dari bumi kita pancarkan cahaya senter ke planet tersebut sedetik saja, apakah cahaya tersebut terlihat dari planet X 5 detik kemudian?

  4. Tapi kenapa cahaya bisa bergerak dengan sangat cepat? Apa yang membuatnya begitu, yg membedakan dia dari hal lain?

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.