Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Inggris?

Oleh: Aprileny* (Guru)

Mengapa kita harus belajar Bahasa Inggris? Wah, ini pertanyaan yang menarik dan menggugah kenangan Ibu April sebagai guru Bahasa Inggris! (Ibu April membaca pertanyaan ini sambil tersenyum).

learnenglish

Baiklah, sebelum memulai pembahasan ini, Ibu ingin bertanya, “Apakah kamu tahu bahwa Bahasa Inggris sering kali disebut sebagai Bahasa pergaulan dunia bersama Bahasa Arab, Bahasa Prancis, Bahasa Cina, dan Bahasa Spanyol? ”Oh, sudah tahu, bagus kalau begitu. Lalu, “Apa sih, yang dimaksud sebagai Bahasa pergaulan dunia?” Hmmm, baiklah, Ibu April jawab sendiri, ya. Bahasa pergaulan dunia adalah bahasa yang dipakai oleh sebagian besar warga dunia untuk berkomunikasi.

Secara umum, komunikasi dalam bahasa pergaulan dunia dilakukan untuk tiga tujuan. Ketiga tujuan itu adalah: pertama, mendapatkan manfaat ekonomi, kedua untuk mendapatkan manfaat akademik, dan ketiga untuk mendapatkan manfaat rekreasional.

Bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan dunia dengan tujuan ekonomi bisa kita lihat dari bahasa yang dipergunakan dalam aktifitas perdagangan dunia. Dalam skala kecil, kita bisa lihat bahwa di perusahaan yang banyak menjalin hubungan dagang dengan negara asing, maka sebagian besar karyawannya diwajibkan untuk dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris sehingga hubungan tersebut lancar dan menghasilkan keuntungan ekonomis.

Bahasa Inggris adalah juga salah satu bahasa pergaulan akademik terbesar. Sebagai bahasa pergaulan akademik, Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling sering digunakan oleh para ilmuwan untuk menuliskan artikel dan buku hasil penelitian mereka. Nah, karena itulah maka artikel atau buku hasil penelitian ilmuwan yang tidak ditulis dalam Bahasa Inggris (misalnya berbahasa Indonesia), biasanya akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris agar tulisan tersebut dengan mudah diperoleh dan dimengerti oleh pemakai bahasa lain. Selain itu, ada banyak perguruan tinggi di luar negeri dengan keunggulan bidang ilmu tertentu yang mengadakan perkuliahan dalam Bahasa Inggris bagi warga negara asing. Jerman dan Belanda adalah contoh negara yang beberapa perguruan tingginya mengadakan perkuliahan berbahasa Inggris untuk warga negara asing.

Nah, yang ketiga, Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa pergaulan untuk tujuan rekreasional. Apakah untuk tujuan ini Bahasa Inggris adalah yang terbesar? Tidak juga, tetapi Bahasa Inggris adalah semacam pertolongan pertama dalam usaha berkomunikasi dengan orang lain jika kita mengadakan perjalanan wisata ke luar negeri. Selain itu, patut juga dipahami (dan ini yang paling sering kita lupakan) bahwa karya sastra dunia seperti novel, komik, cerpen, antologi puisi sering kali sampai ke tangan kita dalam bentuk terjemahan berbahasa Inggris dari bahasa asal penulisnya.

Nah, begitulah ceritanya mengapa kita perlu belajar Bahasa Inggris. Tepatnya, mengapa kita harus belajar bahasa pergaulan dunia, tidak hanya bahasa Inggris. Semakin banyak bahasa asing yang kita kuasai, semakin besar peluang keuntungan ekonomis, akademik, dan rekresional yang akan kita alami. Semangat!

Sumber gambar: http://www.gotmesh.org/

*Aprileny adalah seorang guru. Saat ini ia mengajar Bahasa Inggris dan IPS di Sekolah Dasar High Scope Unit Alfa Indah.

One thought on “Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Inggris?

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.