Mengapa Angka dan Rumus dalam Matematika Tidak Ada dalam Kehidupan Nyata?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Di sekolah, dalam matapelajaran matematika, adik-adik belajar banyak tentang angka dan rumus. Tetapi adik-adik bertanya, mengapa angka dan rumus yang adik-adik pelajari dalam matematika tidak ada dalam kehidupan nyata? Hmm… coba adik-adik pejamkan mata, dan bayangkan benda-benda yang pernah adik-adik lihat dalam kehidupan nyata.

Adik-adik pernah melihat sepeda ‘kan? Sepeda punya roda, ya ‘kan? Roda sepeda berbentuk bundar. Nah, dalam matematika, sesuatu yang bundar disebut sebagai lingkaran. Apakah adik-adik melihat ada angka atau rumus pada roda tersebut? Secara fisik, adik-adik mungkin tidak melihat angka ataupun rumus pada roda tersebut. Tetapi, bila adik-adik ingin tahu seberapa besar roda tersebut, maka adik-adik perlu mengukur jari-jari atau diameter roda tersebut. Jadi, kita bisa mengatakan bahwa terkait dengan roda tersebut ada sebuah angka, yaitu jari-jari roda tersebut. (Mungkin angka itu tertera pada ban roda tersebut.)

Lalu di mana kita bisa menemukan rumus? Hmm… bila adik-adik telah belajar bagaimana menghitung luas dan keliling lingkaran, maka pada roda sepeda tadi pun ada rumus luas dan keliling lingkaran. Adik-adik tahu rumusnya ‘kan?

Bila adik-adik juga pernah melihat sesuatu yang berbentuk segitiga siku-siku, maka pada segitiga tersebut ada rumus loh.. yaitu rumus atau dalil Pythagoras a^2 + b^2 = c^2, dengan a dan b menyatakan panjang alas dan tinggi segitiga tersebut, dan c menyatakan panjang sisi miringnya.

penggaris sgtga

Jadi, adik-adik, dalam kehidupan nyata, sebetulnya banyak angka dan rumus matematika. Banyak di antaranya sudah diketahui oleh manusia sejak 2500 tahun yang lalu, tetapi banyak juga yang belum ditemukan. Bila adik-adik mengasah kemampuan matematika dengan tekun, maka pada suatu saat nanti siapa tahu adik-adik menemukan sebuah rumus matematika yang akan membuat adik-adik menjadi terkenal, seperti Pythagoras atau Archimedes, dan nama adik-adik pun akan abadi bersama rumus yang adik-adik temukan. Keren ‘kan?

Sumber gambar: http://www.designes.biz

*Hendra Gunawan tercatat sebagai dosen Matematika di FMIPA ITB sejak 1988. Ia mendapatkan gelar doktor dalam bidang Matematika dari UNSW Australia pada tahun 1992. Selain mengajar, ia sering memberi pelatihan pada guru, dan kini ia juga meluangkan waktunya bagi anak-anak.

One thought on “Mengapa Angka dan Rumus dalam Matematika Tidak Ada dalam Kehidupan Nyata?

  1. Keren pak, semoga dengan postingan ini akan semakin meningkatkan semangat anak-anak Indonesia untuk belajar matematika.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.