Apakah di Luar Negeri seperti Amerika, Australia, dan Negara Maju Lainnya Juga Dilaksanakan Imunisasi?

Oleh: Patria Wardana Yuswar* (Dokter)

Ya, imunisasi juga dilakukan di negara lain selain Indonesia. Bahkan, imunisasi dilakukan di seluruh negara, mulai dari negara maju seperti Singapura dan Amerika Serikat, hingga negara berkembang seperti Kamboja.

Sebelum membahas lebih jauh lagi, kita harus memahami arti imunisasi terlebih dahulu. Imunisasi, sesuai namanya, adalah proses menjadikan seseorang “imun” (berasal dari bahasa Inggris “immune” yang artinya kebal) terhadap penyakit tertentu.

Caranya adalah dengan mengambil sebagian kecil tubuh virus yang sudah dilemahkan, misalnya ekornya. Bisa juga diambil seluruhnya. Lalu, virus yang sudah dilemahkan tersebut dimasukkan ke dalam tubuh orang melalui suntikan atau dengan cara diminum. Sistem kekebalan tubuh akan mempelajari bagian virus tadi, kemudian menyusun “tentara” yang khusus untuk virus tersebut saja. Dengan demikian, kita tidak mudah sakit jika nantinya diserang virus tersebut.

Tentunya, setiap penyakit disebabkan virus yang berbeda-beda, sehingga imunisasinya pun juga berbeda-beda. Jadi, jangan heran kalau Adik-adik harus disuntik berkali-kali untuk imunisasi.

Oke, kita kembali ke pertanyaan awal: mengapa imunisasi dilakukan di seluruh negara? Jawabnya: karena imunisasi digencarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (disebut juga World Health Organization atau WHO) untuk melindungi orang-orang dari penyakit yang berbahaya. Semua negara mengikuti anjuran Badan Kesehatan Dunia agar melakukan imunisasi bagi semua rakyatnya.

Nah, walaupun semua negara melakukan imunisasi, setiap negara punya jadwal imunisasi wajib yang berbeda-beda. Misalnya di Amerika Serikat, ada imunisasi rotavirus (virus penyebab diare pada anak-anak). Di Indonesia, imunisasi rotavirus tidak ada. Perbedaan ini terjadi karena ada perbedaan virus di tiap negara. Selain itu, tergantung pula pada kemampuan negara untuk melaksanakan imunisasi. (Imunisasi itu mahal loh, bisa miliaran hingga triliunan rupiah).

Semoga penjelasan di atas membantu menjawab rasa penasarannya ya!

Sumber gambar: http://nursingexercise.com/immunization-schedule-child-bangladesh/

*Patria Wardana Yuswar adalah dokter lulusan Universitas Indonesia. Ketika masih mahasiswa, ia pernah menjabat sebagai Pemimpin Redaksi di badan jurnalistik. Ia gemar menulis topik medis untuk awam dan profesional, serta terlibat di dalam penulisan berbagai buku-buku dan situs web medis.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.