Mengapa Ada Gaya Gravitasi?

Oleh: L. Wilardjo* (Fisikawan)

Wahyu, gaya gravitasi itu ada sebab jagad-raya tidak kosong, tetapi berisi zarah (partikel) dan benda langit yang “tak terbilang” jumlahnya. Setiap zarah dan benda langit itu, kecuali zarah pencatu cahaya (yang disebut foton) mempunyai massa, dan interaksi di antara mereka satu sama lain berupa tarikan yang disebut gaya gravitasi.

Setiap benda materi (yang bermassa) mempunyai daerah pengaruh di sekitarnya. Daerah pengaruh ini disebut medan gravitasi. Benda bermassa, sebut saja benda A, yang berada di dalam medan gravitasi mengalami gaya tarik gravitasi. Sebaliknya, benda bermassa yang menjadi sumber medan gravitasi itu, yang kita sebut benda B, juga mendapat gaya tarik gravitasi ke arah benda A.

objects-attracted-towards-the-earth

Adanya medan gravitasi di antara benda-benda langit itu, yang bersumber pada benda-benda langit itu sendiri pula, membuat mereka semua tidak tercerai-berai. Tetapi menurut para astronom, keberadaan berjuta bintang dan benda langit lainnya itu tidak cukup untuk mempertahankan persatuan mereka. Karena itu, diasumsikan bahwa ada sesuatu yang disebut “materi gelap”. Inilah yang mencegah rusaknya tatanan benda-benda langit di jagad raya.

Sumber gambar: http://physics.tutorvista.com

*L. Wilardjo adalah seorang fisikawan asal Purworejo, meraih gelar M.Sc. dari Michigan State University (1965) dan doktor dalam bidang fisika pada tahun 1970. Sejak 1962 menjadi dosen di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, dan sejak tahun 1998 ia diangkat sebagai Guru Besar. Tahun 1990 ia mendapat gelar Dr.Hc. dalam Sains dari Vrije Universiteit Amsterdam.

13 thoughts on “Mengapa Ada Gaya Gravitasi?

  1. bisa lebih dijelaskan kembali asal mula gravitasi dengan bahasa yg lebih mudah di pahami..

  2. Untuk Umar : jika gravitasi memang ada maka itu hanya berupa gaya bukan suatu wujud yang dapat kita lihat,
    Contoh : pernahkah anda melihat medan maghnet? tanpa alat bantu selain mata?

  3. My question is : mengapa balon helium tidak jatuh ke bumi tetapi malah terbang menjauhi bumi?, bukankah helium memiliki massa dan juga terkena gravitasi, atau ada yang salah dengan teori yang kita percayai selama ini?
    Salam People Power

    • Mengapa balon helium tidak terkena gravitasi?karena massa helium lebih ringan di bandingkan dengan massa udara jadi sebenarnya helium juga ketarik tetapi kalah cepat dengan udara sekitarnya karena kalau massanya lebih berat berarti semakin cepat ketariknya hal itu lah yang menjadi alasan kenapa helium tidak jatuh ke bumi dia hanya menyesuaikan keberadaannya dengan massa yang sama

      • Trimakasih Qais, kita lupakan sebentar ttg helium (massa jenis),
        1.Mengapa astronot bisa seakan-akan “melayang2” di bulan?,
        2.Mengapa bulan mengorbit bumi?
        *1 dan 2 terkait

      • Ingatkah kalian hukum 1 termodinamika?, silahkan cek sendiri di internet dan pahami, initinya energi tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan melainkan berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain, sederhananya ada tekanan maka menyababkan dorongan, ada gaya maka menimbulkan energi, ada kutub positif magnet ada kutub negatif magnet, ada gaya tolak ada gaya tarik, dsb.
        Lantas saya berpikir : gravitasi ada gaya tarik tetapi tidak ada gaya tolak, bukankah teori gravitasi berlawanan dengan hukum 1 termodinamika, atau gravitasi itu ilusi, cuci otak sejak kita masih sd, gravity is a science fiction.

  4. Jika benar melalui peristiwa jatuhnya apel dari pohonya yang dialami oleh Isaac Newton adalah karena terkena gaya gravitasi bumi, mengapa bulan yang terkena gaya gravitasi bumi malah muter-muter tanpa henti, (“penyebab sama tetapi pengaruh berbeda”) mengherankan bukan?, apakah kita mau mati-matian mempercayai teori tanpa pembuktian (bagaimana bulan mengelilingi bumi?) Apa rumus fisikanya?
    Salam People Power.

  5. Bila gravitasi dipengaruhi medan magnet bumi, Pertanyaannya magnet apa yg dapat menarik besi dan bisa menarik kayu, air.
    Scr teknis benda yg lebih kecil/ringan akan lebih mudah tertarik dibanding benda yg besar/berat contoh lebih mudah menarik motor drpd mobil.

  6. Misalkan kita memiliki dua lembar kertas yang memiliki masa, dan volume yang sama. Kertas pertama kita jadikan pesawat kertas, dan kertas kedua kita jadikan bola kertas. Lalu tanyakan dengan ANAK SD kenapa pesawat kertas bisa diterbangkan. Sedangkan bola kertas hanya bisa jatuh. Padahal kalo ditimbang kan beratnya sama. Anda tau jawabannya apa. Jawabnya adalah “tentu saja itu karna pesawat kertas sayapnya membentang dan menepis udara”

  7. Apa bumi dan planet-planet lain juga memilih gaya gravitasi? Maksudnya apa bumi dan planet-planet lain saling tarik menarik seperti bumi dengan matahari?

Tulis komentar