Mengapa Kita Harus Berolahraga?

Oleh: Tommy Apriantono* (Pakar Ilmu Keolahragaan)

Halo Adik-adik semua! Sebelum menjawab pertanyaan Adik, Bapak mau tanya nih, siapa yang senang berolahraga? Bagaimana perasaannya? Senang? Capek? Pasti senang ya, meskipun sedikit terasa capek, berolahraga itu banyak manfaatnya loh.

Kegiatan Adik-adik berolahraga itu sebenarnya anjuran dari Dinas Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Makanya ada mata pelajaran olahraga di Sekolah Dasar di seluruh Indonesia.

Nah, sekarang Bapak mau menjelaskan apa saja manfaat olahraga untuk Adik-adik semua. Yang pertama, manfaat olahraga adalah untuk mencegah risiko terkena berbagai penyakit. Obesitas (gemuk berlebihan) adalah salah satu penyakit yang diakibatkan jarang berolahraga. Mengapa? Karena jika kita jarang berolahraga, lemak bisa menumpuk di dalam tubuh, dan akhirnya mengakibatkan obesitas. Tetapi dengan berolahraga yang teratur, tumpukan lemak yang ada di dalam tubuh bisa terbakar.

Kedua, olahraga dapat meningkatkan perkembangan tubuh. Olahraga akan membantu tubuh Adik-adik cepat tinggi dan membantu agar otot lebih kuat, karena olahraga dapat membuat hormon perkembangan tubuh bekerja maksimal.

Ketiga, olahraga dapat meningkatkan interaksi sosial sehingga Adik-adik akan mempunyai banyak teman. Mengapa? Ketika Adik-adik ikut permainan olahraga seperti sepak bola, basket, dan futsal, Adik-adik akan berkenalan dengan teman di dalam tim ataupun tim lawan, lalu berkerjasama pada saat bermain atau bertanding. Akhirnya, Adik-adik mempunyai banyak teman, ya kan?

Keempat, dengan rajin berolahraga Adik-adik juga akan semakin pintar, karena Adik-adik akan terbiasa bagaimana mana mengatur strategi supaya kalau bertanding bisa menang. Selain itu, olahraga tidak pernah mengajarkan bagaimana menang dengan dengan cara yang tidak jujur atau curang. Olahraga mengajarkan Adik-adik untuk jujur atau sportif.

Jadi, pada intinya olahraga baik untuk Adik-adik semua. Apalagi kalau olahraga diimbangi dengan istirahat yang baik, makan yang bergizi dan minum air putih yang cukup, pasti tubuh Adik-adik semua akan menjadi lebih sehat, kuat, dan pintar seperti yang dianjurkan oleh Lembaga Kesehatan Dunia (WHO).

Dengan berolahraga, aktivitas tubuh menjadi seimbang. Terlalu banyak makan akan menimbulnya tumpukan lemak. Jika tidak diimbangi dengan olahraga, terlalu banyak main game juga membuat tubuh kurang gerak, yang akan mengakibatkan perkembangan tubuh tidak maksimal karena kurang rangsangan kepada hormon perkembangan.

Semoga manfaat olahraga yang sudah Bapak jelaskan membuat Adik-adik akan semakin semangat berolahraga.. .

Sumber gambar: https://ec.europa.eu/sport/news/2017/free-movement-erasmus-sport_en

*Tommy Apriantono meraih gelar doktor dalam bidang ilmu keolahragaan dari Universitas Nagoya, Jepang, pada tahun 2006. Ia tercatat sebagai Ketua Kelompok Keahlian Ilmu Keolahragaan di Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung. Ia pernah menjadi anggota tim monitoring Asian Games 2006  di Doha, Qatar, dan Sea Games 2007 di Bangkok, Thailand.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.