Siapa itu Aristoteles?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Wah, Dik Iqbal tahu nama Aristoteles dari siapa? Aristoteles adalah seorang ahli filsafat atau filsuf Yunani Kuno yang hidup pada tahun 384-322 SM atau kira-kira 2400 tahun yang lalu.

Ia berguru pada Plato selama 20 tahun, tetapi dalam banyak hal ia berbeda pendapat dengan gurunya. Sebagai contoh, menurut Plato kata ‘dua’ adalah objek abstrak yang terpisah dari objek fisis, sedangkan menurut Aristoteles kata ‘dua’ hanya merupakan kata sifat dari suatu objek fisis, seperti pada frase ‘kendaraan beroda dua’. Kata ‘dua’ di sini melekat pada roda yang merupakan bagian dari kendaraan tersebut.

aristoteles

Dalam banyak hal, Aristoteles lebih membumi dibandingkan dengan Plato. Terkait dengan itu, Aristoteles menolak konsep ketakterhinggaan, karena menurutnya semua objek di alam semesta ini bersifat terhingga. Bagi Aristoteles, seseorang dapat melukis sebuah garis sepanjang-panjangnya, tetapi tidak ada garis yang tak terhingga panjangnya.

Aristoteles dikenal karena karya dan pemikirannya dalam bidang fisika, biologi, etika, politik, musik, bahasa, dan puisi. Aristoteles juga mewariskan sistem logika yang mendasari pengambilan kesimpulan dalam dialektika dan matematika. Pada usia 40 tahunan, ia menjadi mentor Alexander Agung, yang kelak menjadi Raja Makedonia, Firaun Mesir, dan Raja Persia.

Sumber gambar: http://id.wikipedia.org/

*Hendra Gunawan adalah dosen matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, sejak 1988. Pada tahun 2013, ia menggagas blog anakbertanya.com dan sejak itu mengelola blog tersebut yang menerbitkan jawaban para pakar atas berbagai pertanyaan anak-anak.

Tulis komentar