Apa yang Dimaksud dengan Apresiasi?

Oleh: Anastasia Satriyo* (Psikolog)

Halo, pernahkah kamu mendapat pujian dari orangtua, guru, atau teman, ketika kamu berhasil melakukan sesuatu? Nah, apresiasi mirip dengan pujian. Apresiasi diberikan ketika ada hal baik, bagus, dan terpuji yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang. Bedanya apresiasi dengan pujian adalah apresiasi tidak selalu dalam bentuk kata-kata ucapan seperti pujian, “wah, kamu hebat ya…”. Apresiasi bisa dalam bentuk penghargaan seperti piala atau piagam.

jempol

Mungkin di usia kamu saat ini, apresiasi bisa diperoleh ketika menjadi dokter kecil di sekolah, atau mengikuti acara Pramuka antar sekolah, lalu kamu membuat tenda terbaik. Bisa juga ketika kamu dikirim mewakili sekolah untuk perlombaan tertentu. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman seperti ini?

Bila kamu suka membaca koran atau mengikuti berita di TV, kamu mungkin tahu ada tokoh masyarakat yang mendapat apresiasi karena berhasil menjaga lingkungan hijau atau prestasi lainnya. Biasanya setiap tahun ada penghargaan Adipura yang diberikan kepada pemimpin daerah. Pada tahun 2010, Joko Widodo yang sedang menjabat sebagai Walikota Solo waktu itu, mendapat penghargaan Bung Hatta Anti Corruption Award.

Atlet olahraga yang mendapat medali, seperti Liliana Natsir dan Tantowi dalam cabang bulutangkis di Olimpiade Musim Panas kemarin, juga mendapat apresiasi dari masyarakat, misalnya berupa penyambutan kedatangan mereka di bandara. Oh ya, perusahaan penerbangan Garuda Indonesia baru-baru ini juga mendapatkan apresiasi untuk kru awak pesawat terbaik loh.

Selain ditujukan kepada orang, apresiasi bisa diberikan kepada benda atau lingkungan sekitar. Misalnya, apresiasi (penghormatan dan pujian) terhadap benda seni atau benda bersejarah, atau pada lingkungan alam yang sangat indah di suatu tempat.

Jadi apresiasi bisa diperoleh oleh individu, kelompok di suatu organisasi, daerah atau negara, dan lain-lain. Bagi individu maupun kelompok, untuk mendapat apresiasi butuh ketulusan, kerja keras, pantang menyerah, dan rela berkorban. Semoga kamu juga bisa mendapatkan apresiasi dari hal yang kamu sukai atau keahlian di bidang tertentu yaa…

Sumber gambar: http://jarvis-store.com

*Anastasia Satriyo, mendapat gelar sarjana Psikologi dari UNIKA Atma Jaya dan gelar Psikolog Klinis Anak dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Saat ini bekerja di TigaGenerasi dan Petak Pintar untuk psikoedukasi keluarga dan penanganan anak untuk masalah perkembangan dan masalah belajar.

Tulis komentar