Apakah Ada Presiden yang Kasmaran Bermatematika?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Wah.. membaca kata “kasmaran”, saya jadi teringat buku Prof. Iwan Pranoto yang berjudul “Kasmaran Berilmu Pengetahuan”. Rupanya Joshua sudah terpincut juga dengan kata “kasmaran”. Hmm.. Apakah ada presiden yang kasmaran bermatematika?

Di Indonesia, tampaknya belum ada ya, sekalipun kita mengetahui bahwa almarhum Presiden BJ Habibie adalah seorang teknolog ulung. Namun, bila kita cari presiden atau pemimpin negara lain di dunia yang kasmaran bermatematika, atau setidaknya berlatar belakang pendidikan matematika, maka kita akan menemukan beberapa nama.

Yang pertama, Presiden ke-12 Amerika Serikat, James A. Garfield. Ia pernah mengajar matematika dan filsafat di Hiram College, Ohio. Pada tahun 1876, ia membuktikan Dalil Pythagoras dengan cara berbeda dari cara yang ada (lihat gambar). Bukti ini dipublikasikan di New-England Journal of Education.

Yang kedua, Presiden Perancis pada awal abad ke-20, Paul Painleve, mempunyai karier sebagai matematikawan yang cemerlang sebelum akhirnya menjabat sebagai presiden.

Yang ketiga, Presiden Peru periode 1990-2000, Alberto Fujimori, adalah penyandang gelar master dalam matematika, yang ia raih dari University of Wisconsin-Milwaukee.

Yang keempat, wakil presiden Kenya periode 1989-1998, George Saitoti, memiliki gelar doktor (Ph.D.) dalam bidang Topologi Aljabar, yang diperolehnya dari Warwick University. Sebelum terjun ke dunia bisnis dan politik, ia pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Matematika di University of Nairobi dan wakil ketua African Mathematical Union yang ia pelopori.

Yang kelima adalah Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Singapura saat ini. Ia mempunyai latar belakang pendidikan diploma dalam bidang analisis numerik dan ilmu komputer, yang tentunya sangat erat dengan matematika.

Selain kelima nama di atas, Adik-adik mungkin dapat menemukan beberapa pemimpin negara lainnya yang mempunyai latar belakang matematika. Coba saja cari di Internet ya.

Sumber gambar: https://www.maa.org

*Hendra Gunawan tercatat sebagai dosen matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, sejak 1988. Pada tahun 2013, ia menggagas blog anakbertanya.com dan sejak itu mengelola blog tersebut yang menerbitkan jawaban para pakar atas berbagai pertanyaan anak-anak.

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.