Siapakah Ahli Matematika Pertama di Indonesia?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Nah loh, siapa ya matematikawan pertama dari Indonesia? Matematika sebagai disiplin ilmu mulai ditekuni oleh bangsa Indonesia pada abad ke-20. Matematikawan pertama dari Indonesia adalah Dr. G.S.S.J. Ratu Langie (alm.), yang lebih dikenal sebagai Dr. Sam Ratulangi, asal Sulawesi Utara. Ia belajar di University of Zurich, Swiss, dan meraih gelar doktor dalam bidang matematika pada tahun 1919.

Hampir 40 tahun kemudian, Daniel Handali (alm.) mendapat gelar doktor dalam bidang matematika murni dari Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam – Universitas Indonesia (sekarang FMIPA ITB) pada tahun 1957. Beliau kemudian menjadi dosen di FMIPA ITB hingga awal tahun 1990-an.

Pada tahun 1959, Moedomo Soedigdomarto (alm.) meraih gelar doktor dalam bidang matematika murni dari University of Illinois, Amerika Serikat. Beliau juga menjadi dosen di FMIPA ITB hingga awal tahun 2000-an. Paper pertama karya putra Indonesia adalah paper berjudul “Radon-Nykodim theorems for Bochner and Pettis integrals“, yang ditulis oleh Moedomo Soedigdomarto dan J.J. Uhl Jr. dan dipublikasikan di Pacific Journal of Mathematics pada tahun 1971.

Saat ini jumlah doktor matematika di Indonesia sudah melampaui 100 orang, sebagian meraih gelar doktornya dari luar negeri dan sebagian lainnya dari dalam negeri. Adik-adik mau menjadi matematikawan? Mengapa tidak… Indonesia membutuhkan lebih banyak matematikawan loh!

Sumber gambar: http://www.sumberfoto.com

*Hendra Gunawan menjadi dosen Matematika di FMIPA ITB sejak 1988. Ia mendapatkan gelar doktor dalam bidang Matematika dari UNSW Australia pada tahun 1992. Selain mengajar, ia sering memberi pelatihan pada guru, dan kini ia juga meluangkan waktunya bagi anak-anak.

One thought on “Siapakah Ahli Matematika Pertama di Indonesia?

Tulis komentar