Siapa Penemu Handphone?

Oleh: Onno W. Purbo (Pakar Teknologi Informasi)

Handphone (HP), atau telepon genggam, pertama kali didemonstrasikan oleh John F. Mitchell dan Dr Martin Cooper dari Motorola pada tahun 1973, dalam bentuk sebuah handset yang beratnya sekitar 1 kg.

Pada tahun 1983, diluncurkan DynaTAC 8000xhandphone yang pertama kali tersedia di pasaran. Sejak itu, HP menjadi barang yang diperjualbelikan di seluruh dunia dan terus mengalami perkembangan dalam ukuran, bentuk, dan kemampuannya. Selain Motorola, berbagai merk lainnya bermunculan.

Dari tahun 1990 sampai dengan 2011, pengguna HP di dunia berkembang dari 12,4 juta orang hingga menjadi lebih daripada 6 milyar orang. Artinya, sekitar 87% dari populasi dunia dewasa ini merupakan pemakai HP. (Populasi dunia saat ini telah melampaui 7 milyar orang.)

Sekarang, di pertengahan tahun 2013, sekitar 75% lebih pasar smartphone didominasi oleh smartphone berbasis Android. Sistem operasi Android pertama kali dikembangkan oleh Google Inc. pada tahun 2008.*

Sumber gambar: http://www.tuaw.com

*Catatan dari Editor: Google Inc. pada awalnya dikenal dengan produknya berupa piranti pencari dokumen di dunia maya, yang hingga saat ini sering kita gunakan. Belakangan, perusahaan yang didirikan oleh Sergei Brin dan Larry Page ini telah merambah ke berbagai produk lainnya, termasuk buku elektronik dan “kacamata” Google. Bahkan saat ini perusahaan Motorola penemu HP itu telah dimiliki oleh Google Inc.

Tulis komentar