Mengapa Orangtua Sering Melarang Kita Minum Air Es dengan Alasan Bisa Menyebabkan Batuk, Tetapi Tidak Melarang Kita Minum Air Dingin dari Kulkas?

Halo Dik Syifa, pertanyaan kamu menarik sekali ya! Saat kita merasa kehausan, terkadang kita ingin meminum minuman dingin untuk menyegarkan diri kita. Nah, kalau orangtua melarang Adik-adik untuk minum air berisi es tetapi membolehkan Adik-adik meminum air yang didinginkan di dalam kulkas, sebaiknya diikuti ya nasihat tersebut. Meskipun sama-sama minuman dingin, ternyata kedua minuman tersebut berbeda. Kok bisa ya?

air es

Gambar 1. Minuman yang diberi es1

Begini Dik, sekarang coba kita perhatikan kalau kita sedang memesan minuman dingin. Misalnya, kita ke warung untuk membeli es teh. Kita bilang ke penjaga warung, “Pak, beli es tehnya satu ya.” Lalu penjaga warung akan mengambil plastik minuman, memasukkan es batu ke dalamnya, mengambil dan membuka botol, lalu memasukkan teh dari botol ke dalam plastik. Baru deh diberikan kepada kita. Kebetulan di samping kita, ada pembeli lain yang juga ingin membeli minuman dingin. Dia bilang, “Pak, saya mau minuman dingin yang di kulkas ya.” Berbeda dengan minuman es kita, penjaga warung hanya akan mengambil dan membuka botol minuman lalu diberikan kepada pembeli. Jadi, Adik-adik sudah menyadari belum perbedaannya? :)

Kalau masih bingung, Kakak coba jelaskan ya.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia adalah makanan dan minuman yang seseorang konsumsi. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan makanan dan minuman supaya tidak sakit. Makanan dan minuman yang kotor mengandung kuman2 yang bisa membuat seseorang sakit.

kuman jahat

Gambar 2. Kuman jahat2

Nah, dari contoh yang telah Kakak jelaskan sebelumnya, minuman dingin yang diberikan es lebih besar kemungkinannya tercampur kuman daripada minuman yang didinginkan di dalam kulkas. Kita tidak tahu kan apakah es batu dan plastik minuman yang dipakai itu bersih dan bebas dari kuman. Nantinya, kuman yang masuk bersama dengan minuman akan menyerang tenggorokan kita, lalu bisa menyebabkan sakit batuk, tenggorokan gatal, hingga batuk berdahak!

Sementara itu, minuman botol yang didinginkan di dalam kulkas lebih terjaga kebersihannya. :)

Sekarang sudah mengerti ya mengapa lebih baik meminum minuman dingin dari kulkas daripada minuman yang diberi es. Yuk jaga selalu kesehatan diri kita karena mencegah sakit itu lebih mudah daripada minum obat karena sakit.

Sumber gambar:

1. http://www.ibu-hamil.web.id/

2. http://bobo.grid.id/

*Diryati Widyantari adalah sarjana kedokteran umum lulusan FK Universitas Padjadjaran, Bandung, yang berstatus sebagai dokter muda di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Ia sudah selesai menjalani seluruh rotasi departemen, dan saat ini sedang menunggu ujian nasional UKMPPD. Ia dapat dihubungi via akun Instagram.

One thought on “Mengapa Orangtua Sering Melarang Kita Minum Air Es dengan Alasan Bisa Menyebabkan Batuk, Tetapi Tidak Melarang Kita Minum Air Dingin dari Kulkas?

Tulis komentar