Mengapa Bintang Kelihatan Berkedip-kedip?

Oleh: Hanief Trihantoro* (Pengelola “DuniaAstronomi.com)

Setiap malam ada banyak benda langit yang bisa kita lihat, misalnya bintang, planet, bulan, gugus bintang, nebula, dan lain-lain. Di antara semua itu ada dua jenis benda yang berbentuk cahaya titik, yaitu bintang dan planet. Kalau kita perhatikan dengan seksama akan terlihat bahwa bintang tampak berkedip-kedip sedangkan planet tidak. Apa sih penyebabnya?

Kedipan bintang yang kita lihat itu disebabkan oleh pergerakan udara di lapisan atmosfer Bumi. Pergerakannya dapat diumpamakan seperti pergerakan air di sebuah kolam renang yang permukaannya tidak tenang. Kalau kita melihat dari luar, semua benda yang ada di dalam air akan tampak bergerak-gerak walaupun benda tersebut sebenarnya diam. Hal ini terjadi karena cahaya yang melewati air lalu udara (sebelum dicerap oleh mata kita) akan dibelokkan atau dibiaskan. Pembiasan seperti inilah yang juga terjadi pada cahaya bintang.

Cahaya bintang yang memasuki atmosfer Bumi akan dibelok-belokkan secara acak oleh lapisan udara yang bergerak. Akibatnya posisi bintang akan berpindah-pindah, namun karena perubahan posisinya sangat kecil untuk dideteksi mata kita akan melihatnya sebagai kedipan.

Lalu mengapa planet tidak tampak berkedip? Karena ukuran tampaknya lebih besar daripada bintang. Karena letaknya yang sangat jauh bintang hanya akan tampak sebagai titik, bahkan menggunakan teleskop terbaik yang kita miliki. Namun planet yang letaknya dekat (karena berada di Tata Surya kita) akan tampak sebagai piringan/cakram cahaya kalau dilihat dengan teleskop kecil sekalipun. Nah, ukuran cakram cahaya planet itu ternyata sudah cukup besar sehingga tidak terpengaruh oleh pembiasan akibat pergerakan lapisan udara di atmosfer.

Sekarang kita tahu apa penyebab bintang berkedip. Jadi kalau ingin menyaksikan bintang yang tidak berkedip, kita harus pergi keluar angkasa atau ke Bulan atau di manapun asalkan tidak ada atmosfer. Siapa yang ingin membuktikannya sendiri?

Sumber gambar: http://apod.nasa.gov

Jawaban versi audio visual: http://medidu.com/watch/view/605

*Hanief Trihantoro adalah pengelola DuniaAstronomi.com. Ia mendapatkan gelar Sarjana dalam bidang Astronomi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung. Sekarang ia bekerja di Puspa Iptek, Kota Baru Parahyangan, Padalarang – Bandung.

One thought on “Mengapa Bintang Kelihatan Berkedip-kedip?

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.