Matematikawan itu Kerjanya Ngapain Aja Sih? – I

Oleh: Aditya Firman Ihsan* (Mahasiswa Program Magister Matematika)

Seperti halnya apa yang dikerjakan pelukis adalah melukis, apa yang dikerjakan petani adalah bertani, atau apa yang dikerjakan pemain bola adalah bermain bola, tentu saja apa yang dikerjakan matematikawan adalah bermatematika. Akan tetapi, apa itu bermatematika jelas bukan sesederhana menghitung atau mengutak-atik rumus-rumus, karena fisikawan, ekonom, insinyur, atau beragam pekerjaan lainnya juga menghitung dan mengotak-atik rumus-rumus.

Bermatematika secara sederhana adalah melihat pola yang ada di segala sesuatu, untuk kemudian mencari aturan-aturan atau hubungan-hubungan secara logis sehingga pola itu bisa diterapkan dengan lebih umum.

Untuk mengilustrasikan dengan sangat sederhana, ambillah contoh bagaimana kita mencoba mengetahui berapa banyaknya apel yang ada di dua piring terpisah. Kita bisa melihat pola bahwa banyaknya apel di kedua piring adalah banyaknya apel di piring pertama ditambah dengan banyaknya apel di piring kedua. Bagaimana jika pola itu tidak hanya berlaku untuk apel, tapi juga untuk pulpen, daun, atau bahkan segala sesuatu? Dari situlah muncul aturan penjumlahan.

Dalam contoh yang lebih rumit, kita tentu bisa melihat bahwa untuk suatu lingkaran apapun, ketika lebar diameter lingkaran diperbesar, maka kelilingnya pun pasti lah juga membesar. Dengan mencoba membandingkan dari lingkaran satu ke lingkaran lainnya, ternyata perbesaran keliling seiring dengan perbesaran diameter sama untuk semua lingkaran. Dari situlah muncul angka π (baca: pi) dan rumus bahwa keliling lingkaran adalah π kali diameter lingkaran.

Dengan prinsip yang serupa, semua rumus-rumus yang kita ketahui saat ini terbentuk, dari rumus luas bangun datar, trigonometri, hingga semua rumus yang dipakai oleh para fisikawan dan profesi lainnya. Semua bermula dari melihat pola, untuk kemudian mencari keterkaitan yang ada sehingga bisa menciptakan aturan yang lebih abstrak dan umum.

doing math

Pada dasarnya setiap orang selalu bermatematika, paling tidak secara sederhana, dari bagaimana kita mengenali bahwa senar gitar yang berbeda menghasilkan nada yang berbeda, hingga bagaimana kita mengenali bahwa siang hari selalu digantikan dengan malam hari pada sekitar jam 18.00. Ketika kita melihat sesuatu dan mendeteksi adanya pola disana, kemudian secara tidak langsung mengajukan pertanyaan, “bagaimana jika…?”, maka kita sedang bermatematika.

Jadi apa yang yang dikerjakan matematikawan? Menemukan aturan dari berbagai pola yang ada.

Sumber gambar: http://www.pinterest.com

*Aditya Firman Ihsan meraih gelar Sarjana Matematika dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, pada tahun 2016. Saat ini, ia sedang menempuh program studi magister dalam bidang Matematika di FMIPA-ITB juga.

One thought on “Matematikawan itu Kerjanya Ngapain Aja Sih? – I

  1. iya ya saya sangat setuju, pekerjaan matematikawan itu sangat dinantikan oleh masyarakat umum karena hasil pekerjaan matematikawan itu biasanya berdampak besar kepada kehidupan masyarakat (menemukan pola dari yang sebelumnya belum dipolakan)

Tulis komentar