Matematikawan itu Kerjanya Ngapain Aja sih? – II

Oleh: Stephanus Ardyanto* (Mahasiswa Program Sarjana Matematika)

Wahh, ini pertanyaan yang sangat menarik.. Mungkin di benak Adik-adik, matematikawan itu kerjanya mengajar, berhitung, dan mencari rumus-rumus baru, yaa?

Secara garis besar, pekerjaan matematikawan adalah mengajar dan bermatematika. Bermatematika sendiri mencakup berhitung, berlogika, berimajinasi, dan berbahasa. Nahh.. mari kita kupas satu per satu.

Pertama, matematika tentu tidak terlepas dari proses menghitung, namun jika adik-adik bercengkrama dengan matematika secara lebih mendalam, maka intensitas menghitung justru akan semakin berkurang. Selain itu, proses berhitung yang dilakukan matematikawan tidak lagi seperti halnya menghitung banyaknya anak di dalam kelas atau banyaknya apel dalam suatu keranjang. Pada teori himpunan, dikenal istilah “proses berhitung tanpa menghitung” dalam mencari banyaknya anggota dari suatu himpunan.

Selanjutnya, berlogika dan berimajinasi tentu bukanlah suatu hal yang membingungkan lagi. Kedua hal ini sangat diperlukan matematikawan dalam memahami apa yang mereka kerjakan, terutama ketika hal-hal yang dikerjakan semakin abstrak.

what mathematicians do

Yang terakhir adalah berbahasa. Ketika matematikawan menghasilkan berbagai hasil, maka hasil tersebut harus ditulis dengan baik dan benar, sesuai dengan aturan dalam matematika, sehingga para pembaca bisa memahami apa yang dimaksud oleh tulisan tersebut.

Nah, apakah sekarang Adik-adik ingin menjadi matematikawan? Mulailah untuk melatih rasa penasaran kalian terhadap matematika yaa…. Salam!

Sumber gambar: http://mathwithbaddrawings.com

*Stephanus Ardyanto adalah mahasiswa Program Sarjana Matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung. Saat ini, ia sedang menyelesaikan tugas akhirnya tentang masalah isoperimetrik dan kurva yang memiliki lebar konstan.

 

 

Salam,

Tulis komentar