Apa Manfaat Komputer?

Oleh: Taufik Edy Sutanto (Pakar Ilmu Komputasi)

Ada yang bisa menghitung 123.432 x 345.765 dalam waktu kurang dari tiga detik?

Komputer, sesuai dengan akar katanya (compute = menghitung), diciptakan pertama kali untuk keperluan alat bantu menghitung seperti kalkulator. Pada tahun 1822, Charles Babbage mengusulkan desain mesin hitung pertama menggunakan roda-roda gigi (seperti yang ada di sepeda).

Akan tetapi, jika komputer dimaknai hanya sebagai alat bantu menghitung, maka komputer pertama sesungguhnya adalah sempoa atau bahkan batu. Jika kita mensyaratkan komputer sebagai alat bantu menghitung yang menggunakan listrik, maka pertama kali ia diperkenalkan pada tahun 1941 di Jerman dengan nama Zuse Z3.

Seiring dengan perkembangannya, komputer digunakan untuk berbagai keperluan lain, terutama berkaitan dengan multimedia: Video, Gambar, dan Suara. Lho apa kaitannya antara video, gambar, suara dan perhitungan? Kelak di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, adik-adik bisa mempelajari bahwa di balik proses penampilan atau pemrosesan video/gambar/suara di komputer, sesungguhnya adalah proses perhitungan perubahan dari data yang disimpan dalam file (misal mp3/jpg) menjadi menjadi bentuk lain yang dapat dimengerti oleh alat di komputer seperti monitor atau speaker.

Saat ini komputer digunakan di hampir setiap aspek dalam kehidupan modern. Di bidang kesehatan, komputer digunakan untuk mendeteksi penyakit seperti kanker. Komputer juga digunakan di mesin-mesin ATM, bahkan di dalam kebanyakan telepon genggam. Ia juga ada di sebagian mesin cuci dan lemari pendingin modern (disebut sebagai mesin fuzzy logic).

Sebuah perusahaan raksasa saat ini, Google, menggunakan komputer untuk membuat mobil yang dapat dikendarai secara otomatis tanpa supir manusia. Di industri hiburan komputer juga digunakan untuk permainan (game) dan tentu saja komputer juga sangat bermanfaat dunia pendidikan sebagai alat bantu dalam melakukan penelitian, pengajaran, dan pembelajaran.

Tak terhitung banyaknya aplikasi yang dapat diciptakan dengan komputer. Apakah adik-adik tertarik menciptakan mobil, pesawat, atau bahkan robot dengan komputer? Belajar dengan giat ya, kelak pasti bisa! (*EAF)

Sumber gambar: http://inhabitat.com

4 thoughts on “Apa Manfaat Komputer?

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.