Apa itu Internet?

Oleh: Budi Rahardjo* (Pakar Ilmu Komputer)

Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan jutaan komputer dan gadget di seluruh dunia. Ada komputer yang berfungsi sebagai server untuk menyediakan layanan email, web, search engine, media sosial dan lain-lainnya. Contohnya Yahoo!, Google, Facebook, Twitter, YouTube, dan seterusnya.

Kita, sebagai pengguna, dapat mengakses internet dengan menggunakan komputer, gadget, atau handphone kita melalui penyedia jasa internet (internet service provider, ISP), melalui layanan wireless (WiFi), atau melalui operator seluler.

Selain berkomunikasi menggunakan email atau aplikasi chat, dan mengunduh informasi, pengguna dapat berkontribusi mengisi internet dengan membuat tulisan (di blog atau situs web, misalnya), membuat video dan memasangnya di YouTube, sehingga informasi di internet semakin bertambah banyak.

Internet juga dapat dijadikan tempat untuk promosi dan berjualan, sehingga muncul istilah e-commerce. Sebagai contoh di Indonesia ada toko Bhinneka.com yang menjual komputer, kamera digital, dan gadget. Di luar negeri ada Amazon.com yang menjual buku.

Sekarang internet juga mulai digunakan untuk pendidikan. Sudah ada kelas yang dilakukan secara online melalui internet.

Sumber gambar: http://www.google.com

*Budi Rahardjo mengajar di STEI ITB sejak 1997. Ia menyandang gelar doktor dalam bidang ilmu komputer dari University of Manitoba, Kanada, pada tahun 1997. Selain mengajar, ia juga menjadi Chief Technology Officers pada beberapa perusahaan start-up, antara lain PT INDO CISC dan PT Insan Infonesia.

4 thoughts on “Apa itu Internet?

Tulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.