Mengapa Manusia Perlu Menyikat Gigi?

Oleh: Tantry Maulina* (Dokter Gigi)

Halo Adik! Terima kasih atas pertanyaannya. Mengapa kita harus menyikat gigi? Mungkin Adik-adik belum banyak yang tahu, tetapi di dalam mulut kita ada beberapa jenis bakteri. Ada bakteri “baik”, dan ada bakteri “jahat”.

Bakteri “baik” tentu saja tidak menimbulkan masalah, malahan jenis bakteri ini membantu keseimbangan kesehatan rongga mulut, Nah, masalah timbul ketika bakteri-bakteri “jahat” tidak dibersihkan dari rongga mulut.

Ketika berinteraksi dengan zat yang sifatnya manis (permen, gula), dan diperparah dengan faktor waktu, bakteri-bakteri “jahat” tadi dapat mengikis lapisan pertahanan gigi yang dikenal dengan nama email. Akhirnya terjadilah apa yang kita kenal dengan karies atau keropos gigi. Nah, untuk mencegah karies gigi, kita harus rutin membersihkan gigi dengan cara menyikatnya.

sikat gigi

Karena waktu memegang peranan penting dalam proses terjadinya karies, menyikat gigi disarankan sebanyak dua kali sehari. Dengan begitu, bakteri “jahat” tidak punya cukup waktu untuk menyebabkan karies. Semoga jelas ya jawabannya..

Sumber gambar: http://www.clipartkid.com

*Tantry Maulina mendapatkan gelar doktor dari University of Sydney, Australia pada tahun 2014. Ia melakukan praktik sebagai Dokter Gigi sejak tahun 2003 dan mengajar di Fakultas Kedokteran Gigi Univeritas Padjadjaran sejak tahun 2005.

One thought on “Mengapa Manusia Perlu Menyikat Gigi?

Tulis komentar