Mengapa Manusia Membutuhkan Oksigen? – II

Oleh: Handajaya Rusli* (Kimiawan)

Oksigen dibutuhkan manusia untuk menghasilkan energi yang digunakan dalam kehidupan. Di dalam tubuh, oksigen akan dibawa oleh haemoglobin, yaitu suatu protein yang terdapat dalam sel darah merah. Ketika mencapai sel tubuh, oksigen ini akan dilepaskan untuk ikut bereaksi dalam sel tubuh menghasilkan energi, air, dan gas karbon dioksida.

Reaksi yang terjadi sangat rumit dan melibatkan berbagai tahapan, tetapi secara sederhana dapat dituliskan sebagai:

Glukosa + Oksigen → Panas + karbon dioksida + air.

oxygen plus

Gas karbon dioksida yang dihasilkan kemudian diangkut oleh haemoglobin untuk ditukarkan di paru-paru. Energi yang dihasilkan akan digunakan untuk berbagai kegiatan tubuh seperti regenerasi sel, tumbuh, beraktifitas dan untuk menghasilkan energi lagi.

Jadi Adik-adik tahu kan sekarang mengapa jika kekurangan oksigen kita menjadi lemas dan bahkan bisa pingsan?

Sumber gambar: http://www.quora.com

*Handajaya Rusli mendapat gelar Sarjana, Master, dan Doktor dalam bidang Kimia dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung (FMIPA-ITB). Sekarang ia menjadi dosen bidang Kimia Analitik di FMIPA-ITB.

 

One thought on “Mengapa Manusia Membutuhkan Oksigen? – II

  1. Mau tanya, proses satu kalo tarik nafas dan buangnya itu kan cepet banget. Apalagi kalo abis olahraga. Apakah proses peredaran oksigen dan pelepasan karbon dioksida di dalam tubuh juga sangat cepat?

Tulis komentar