Mengapa Jarum Detik Terus Bergerak?

Oleh: Sparisoma Viridi (Fisikawan)

You may delay, but time will not, and lost time is never found again.”

~Benjamin Franklin

Adik-adik tidak ingin terlambat ke sekolah, ‘kan? Bayangkan kalau tidak ada jam yang membantu kita sebagai penunjuk waktu.

Jam yang menggunakan jarum untuk menunjukkan waktu disebut sebagai jam analog. Dalam suatu jam analog setidaknya terdapat dua jarum penunjuk, yaitu jarum penunjuk jam (jarum jam) dan jarum penunjuk menit (jarum menit). Beberapa jam analog dilengkapi pula dengan jarum penunjuk detik (jarum detik). Contoh jam analog adalah jam dinding, jam tangan, dan jam-jam yang terdapat di stasiun, tempat praktek dokter, ruang kantor, atau tempat-tempat lainnya. Dibandingkan dengan jam digital yang kira-kira sama ukurannya tapi hanya menampilkan angka, keunggulan jam analog adalah dapat lebih mudah dilihat dari tempat yang jauh.

Jarum detik yang terdapat pada suatu jam analog terlihat terus bergerak dibandingkan dengan jarum menit ataupun jarum jam. Mengapa demikian? Untuk jarum detik, satu putaran penuh ditempuhnya dalam waktu satu menit. Untuk jarum menit, satu putaran penuh ditempuhnya dalam waktu satu jam. Sementara untuk jarum jam, satu putaran penuh ditempuhnya dalam waktu 12 jam. Jadi jarum detik akan bergerak lebih cepat dari jarum menit, dan jarum menit bergerak lebih cepat dari jarum jam. Karena itulah jarum detik akan terlihat terus bergerak dibandingkan dengan jarum menit ataupun jarum jam.

Alarm_Clocks_20101107a

Bagaimana dengan jam analog yang tidak dilengkapi dengan jarum detik? Pada jam seperti itu, sebenarnya pemutar jarum detik tetap ada dan tetap bekerja seperti pada jam yang mempunyai jarum detik, hanya saja jarum detik tidak ditampilkan.

Ketiga jenis jarum detik, menit, dan jam dihubungkan melalui roda-roda gigi yang berbeda ukuran diameternya, sehingga kecepatan putar masing-masing jarum penunjuk akan berbeda. Coba kamu amati, apabila jarum detik telah bergerak tiga putaran penuh, berapa strip jarum menit bergerak? Berapa putaran penuh harus dilakukan jarum detik agar jarum menit menempuh satu putaran penuh?

Sumber gambar: http://www.lastwordonnothing.com

Tulis komentar