Apakah UFO itu Ada?

Oleh: Avivah Yamani (Astronom & Pendiri “Langit Selatan)

UFO adalah singkatan dari Unidentified Flying Object atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Benda Terbang Tak Dikenal.

Dari istilahnya, UFO adalah benda terbang tak dikenal yang tampak di langit. Misalnya ada orang yang belum pernah melihat pesawat dan bahkan tidak tahu pesawat itu seperti apa. Nah, suatu hari ada pesawat lewat… Karena tidak tahu benda yang terbang itu pesawat, ia bisa menyangka benda yang dilihat adalah UFO yang datang dari luar angkasa dan membawa makhluk asing. Padahal seringkali yang dilihat itu adalah pesawat, balon udara atau benda buatan manusia.

Pernah nonton film The Gods Must Be Crazy? Di situ diceritakan ada botol yang jatuh dari pesawat. Tapi karena suku Bushmen di Afrika tidak pernah melihat dan tahu apa itu botol, maka kehadiran botol itu dianggap hadiah dewa yang multifungsi.

UFO secara umum memang dikaitkan dengan kedatangan pesawat luar angkasa yang ditumpangi alien atau makhluk asing dari planet lain yang datang mengunjungi Bumi dan hanya dilihat oleh orang-orang tertentu. Tapi penampakan UFO maupun alien yang dilihat orang-orang tersebut tidak pernah disertai bukti kuat yang membuktikan kalau mereka memang melihat UFO dan atau melihat alien.

Meskipun belum ada bukti alien mengunjungi manusia atau bukti UFO itu benar-benar sudah pernah ke Bumi, tidak berarti manusia adalah makhluk hidup satu-satunya di alam semesta. Diduga ada kehidupan lain di alam semesta, apakah itu sama seperti manusia atau mungkin kehidupan yang sangat berbeda dari manusia.

Dan para astronom memang mencari kehidupan lain itu. Caranya mereka mencari dulu planet-planet di bintang lain. Baru kemudian mereka mencari tahu apakah di planet baru itu ada kehidupan. Sampai saat ini sudah ditemukan hampir 1000 buah planet di bintang lain. Dan beberapa di antaranya diduga bisa mendukung kehidupan.

Tapi, jika kehidupan lain dengan teknologi canggih memang ada di planet dekat bintang lain, maka supaya mereka bisa ke Bumi pun butuh waktu yang sangaaattttt lama, karena jarak antarbintang itu sangat jauh!

Bintang terdekat dari Matahari, yaitu Proxima Centauri, berjarak 4,24 tahun cahaya. Untuk bisa ke bintang Proxima Centauri, jika ada pesawat yang bergerak dengan kecepatan cahaya (300.000 km/detik) maka dibutuhkan setidaknya 4,24 tahun untuk bisa tiba di sana. Apalagi ke bintang-bintang lainnya di alam semesta! Waktu tempuhnya bisa ribuan bahkan jutaan tahun!

Jadi apakah UFO si pesawat yang ditumpangi alien dari luar angkasa itu ada? Belum ada buktinya dan belum bisa dibuktikan keberadaannya.

Apakah kehidupan lain atau alien itu ada? Ya, kemungkinan kehidupan lain di alam semesta memang ada. Apakah sudah ditemukan? Belum!

Sumber gambar: http://www.telegraph.co.uk

11 thoughts on “Apakah UFO itu Ada?

  1. Ulasan yg cukup adil transparan dn ber imbang,…. fakta ada yg melihat tp bukti gak ada, dan ufo itu bisa diciptakan oleh negara2 adidaya yg punya iptek yg luar biasa canggihnya. Contoh yg sederhana ya pesawat pengintai tak berawak klo dibuat lebih hebat lagi pasti itu spt ufo, gak bisa dideteksi.

  2. Trmksh sdh dijelaskan sesuai logika/penalaran anak-remaja. Yg penting jgn terkesan jawaban ala dosen.
    Namanya juga anak bertanya ya…:-)

  3. Aku pernah liat UFO waktu malam ada cahaya..tapi itu benar UFO atau bukan…

Tulis komentar