Warna Cermin Itu Apa sih?

Oleh: Jane C. Arifin* (Fisikawan)

Ketika Adik-adik sedang bercermin, warna cermin mengikuti warna Adik-adik. Jika Adik-adik memakai baju merah, warna merah muncul di cermin. Jika Adik-adik memakai baju hijau, warna hijau-lah yang terlihat. Kalau begitu, apa sih sebenarnya warna cermin?

Apa Adik-adik tahu apa yang menentukan warna suatu benda? Saat cahaya menyinari suatu benda, sebagian cahaya akan diserap; sisanya akan dipantulkan. Warna yang kita lihat adalah hasil dari cahaya yang dipantulkan. Sebagai contoh, benda terlihat biru karena dia menyerap cahaya selain-biru dan memantulkan cahaya biru. Jadi cahaya yang dipantulkan benda menentukan warna benda yang terlihat.

Cermin_1

Gambar 1. Mekanisme terjadinya warna. Benda biru memantulkan cahaya biru (a) tetapi tidak memantulkan cahaya merah (b). Akibatnya hanya cahaya biru yang sampai ke mata dan benda terlihat biru.

Suatu warna dapat dibentuk dari campuran beberapa cahaya tampak. Benda warna putih misalnya, memantulkan seluruh warna.

Bagaimana dengan cermin? Seperti benda putih, cermin memantulkan seluruh cahaya tampak. Bedanya, benda putih memantulkan cahaya ke mana-mana, sedangkan arah pantulan cermin teratur. Akibatnya, kita dapat melihat jelas benda “sumber cahaya” yang dipantulkan cermin.

Cermin_2

Gambar 2. Cermin dan benda berwarna putih sama-sama memantulkan seluruh cahaya warna, tetapi pantulan benda putih acak-acakan (a), sedangkan pantulan cermin teratur arahnya (b).

Karena cermin memantulkan seluruh cahaya warna, bisa dibilang cermin berwarna “putih”. Tapi, hal itu hanya terjadi pada cermin sempurna. Cermin yang kita kenal sehari-hari tidak 100% memantulkan seluruh cahaya yang datang ke cermin. Sebagian kecil cahaya hilang diserap cermin. Dari sekian cahaya yang hilang itu, ada cahaya yang terhilang lebih sedikit sehingga lebih banyak dipantulkan.

Cahaya warna apa itu? Menurut penelitian, cermin yang kita kenal sehari-hari sedikit lebih mampu memantulkan warna hijau ketimbang warna lainnya. Dengan kata lain, saat cahaya dipantulkan cermin, terdapat lebih banyak cahaya hijau ketimbang cahaya lainnya. Artinya, cermin berwarna kehijauan!
Mungkin jawaban ini mencengangkan Adik-adik dan sukar dipercaya? Coba lakukan percobaan berikut: susun dua buah cermin berhadap-hadapan, lalu lihat bayangan cermin 1 yang ada di cermin 2. Apa warnanya?

Sumber gambar: JCA

*Jane C. Arifin adalah seorang fisikawan. Ia meraih gelar magister dalam bidang photonics dari Abbe School of Photonics, Friedrich Schiller University di Jena, Jerman, pada tahun 2013. Saat ini ia aktif di Bengkel Sains yang “mengajarkan” sains melalui eksperimen.

One thought on “Warna Cermin Itu Apa sih?

Tulis komentar