Siapa Pencipta Facebook? Untuk Apa Facebook Diciptakan?

Oleh: Teguh Nugraha* (Web Developer & Software Engineer)

Facebook adalah situs web di Internet yang beralamat www.facebook.com dan berfungsi sebagai layanan jejaring sosial. Facebook itu seperti tempat berkumpul yang dilengkapi beragam fasilitas. Di Facebook, kita bisa “bertemu” dengan banyak orang, termasuk yang belum kita kenal. Dengan orang-orang tersebut kita bisa berbagi banyak hal, berkomunikasi, bahkan bermain game.

Facebook

Siapa pencipta Facebook?

Facebook mulai dibuat pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg bersama teman-teman kuliahnya di Universitas Harvard, di antaranya Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Istilah facebook sebenarnya berarti daftar biodata siswa beserta fotonya. Karena pada saat itu Harvard belum memiliki facebook, maka Zuckerberg berinisiatif untuk membuat website “The Facebook” (www.thefacebook.com) yang kemudian berkembang pesat ke seluruh dunia dan menjadi Facebook (www.facebook.com). Saat ini Facebook telah berumur 10 tahun dengan pengguna aktif sebanyak lebih dari satu milyar.

MarkZuckerberg

Untuk apa Facebook diciptakan?

Misi Facebook adalah “to give people the power to share and make the world more open and connected“. Artinya Facebook ingin memfasilitasi orang-orang untuk saling berbagi dan membuat dunia lebih terbuka dan terhubung. Orang menggunakan Facebook untuk tetap terhubung dengan teman atau keluarga, untuk mengetahui apa saja yang terjadi, untuk berbagi dan mengungkapkan segala sesuatu yang berarti bagi mereka. Dengan Facebook kita juga bisa menemukan teman-teman baru melalui fasilitas pencarian, grup, halaman dan fasilitas lainnya.

fbscreenshot

Bermain dan berbagi di Facebook sepertinya menarik, ya?

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita menggunakan Facebook. Orang yang menggunakan Facebook harus berumur minimal 13 tahun, loh. Jadi untuk yang belum berumur 13 tahun jangan menggunakan Facebook dulu ya! Kenapa? Karena Facebook sebenarnya dibuat untuk orang dewasa, bukan anak-anak. Selain itu, masih banyak ketentuan lain yang harus disetujui sebelum bergabung di Facebook (selengkapnya bisa dibaca di www.facebook.com/legal/terms).

Memangnya Facebook berbahaya?

Walaupun Facebook digunakan untuk berbagi dan berkomunikasi, efeknya beda loh dengan SMS-an atau bercakap-cakap di telepon. Komunikasi melalui SMS atau telepon lebih privat dibandingkan dengan komunikasi melalui Facebook. Setiap informasi yang kita bagikan di Facebook bisa diketahui orang lain—termasuk yang tidak dikenal, kecuali jika kita mengatur privasinya. Anak-anak seharusnya menghindari orang yang tidak dikenal, ‘kan? Kenyataannya sudah banyak terjadi kejahatan karena sembarangan berteman di Facebook.

Nah, untuk melindungi penggunanya dan mengikuti hukum yang berlaku, Facebook membuat ketentuan dan aturan yang harus diikuti penggunanya. Pengguna pun harus mengikutinya dan menjaga informasinya sendiri dengan pengaturan privasi. Selain itu, orang tua harus membantu anaknya agar menggunakan Facebook dan layanan Internet lainnya secara aman. Selengkapnya mengenai keamanan Facebook ada di www.facebook.com/safety.

Sumber gambar:

1. http://www.facebook.com/FacebookIndonesia

2. http://en.wikipedia.org/wiki/Facebook

3. http://www.facebook.com

*Teguh Nugraha meraih gelar Sarjana Matematika dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2013. Saat ini menjadi software engineer di CV Mobilus Interactive dan web master anakbertanya.com. Sebelumnya ia mengajar kursus Web Development di ComLabs USDI ITB.

Tulis komentar