Siapa Orang Pertama yang Menciptakan Alat Musik, dan Siapa Pencipta Musik? Berapa Banyak Musik Kepunyaan Indonesia?

Oleh: Robi Rusdiana* (Musisi)

Manusia purba pada zaman dahulu membuat lukisan atau gambar alat musik berbentuk genderang dan manusia yang sedang menari pada beberapa dinding goa di berbagai tempat di muka bumi. Nah, jika melihat gambar tersebut, maka alat musik pertama yang diciptakan manusia sudah dibuat lama sekali. Ada juga beberapa artefak pada beberapa relief candi di Indonesia yang berwujud penari yang sedang diringi oleh pemain genderang atau alat musik yang dipukul.

Penari biasanya selalu diiringi oleh musik atau bunyi, maka tarian dan musik beserta alat musik sudah lama sekali ada. Namun untuk mengetahui siapa namanya tentu pertanyaan tersebut cukup sulit untuk dijawab, karena setiap manusia maupun makhluk hidup lainnya mempunyai kekuatan untuk menciptakan alat musiknya serta bunyinya sendiri.

Kita bisa membuat alat musik dari kayu meja atau kursi di rumah maupun di sekolah, dari batu kerikil, peralatan yang ada di dapur, dan masih banyak lagi. Seorang pencipta musik biasanya disebut komposer atau komponis. Setiap orang sebenarnya mampu menjadi seorang komposer atau pencipta musik. Salah satu komponis di Indonesia yang terkenal adalah Ismail Marzuki.

Berapa banyak musik kepunyaan Indonesia?

Indonesia sangat kaya dengan keragaman adat-istiadat serta kebudayaannya. Suku bangsa di Indonesia juga tidak sedikit, ada Sunda, Jawa, Batak, dan suku bangsa lainnya. Musik sebagai salah satu khasanah yang dimiliki oleh Indonesia berjumlah tidak terbatas, karena setiap orang atau setiap penduduk Indonesia sebenarnya memiliki kemampuan untuk membuat musiknya sendiri.

Dari mulai musik tradisional, musik industri yang biasa kita dengar di radio maupun kita lihat di TV seperti musik dangdut, pop, rock dan aliran musik lainnya, hingga musik kontemporer yang aneh-aneh, Indonesia punya semua itu. Umumnya, musik tradisi Indonesia asli selalu bersifat integral atau harus bersatu dengan kesenian lain, misalnya disatukan dengan tarian atau dipertunjukan dalam upacara-upacara keagamaan.

Berkas:Traditional indonesian instruments04.jpg

Musik Indonesia yang paling terkenal di dunia selain musik dangdut adalah Gamelan dalam Karawitan. Karawitan pun banyak jenisnya, ada yang dari Sunda, Jawa, Bali, dan lainnya. Selain itu, alat musik yang terbuat dari bambu seperti angklung dan karinding, serta alat musik yang terbuat dari logam seperti waditra degung atau gamelan menjadi ciri khas yang dimiliki oleh Indonesia.

Sumber gambar: http://id.wikipedia.org

*Robi Rusdiana meraih gelar Sarjana Seni Musik dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, dan saat ini sedang menempuh program studi magister di Sekolah Tinggi Seni Indonesia, Bandung.

Tulis komentar