Siapa Leonardo Da Vinci, Dari Mana Asalnya, dan Apa Saja Karyanya?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Ketika berkunjung ke Italia pada pertengahan tahun 2017, saya mampir ke Venice, dan di kota ini saya berkunjung ke Museum Leonardo Da Vinci. Di dalam museum tersebut dipamerkan beberapa karya Da Vinci. Beberapa di antaranya saya abadikan melalui foto-foto di bawah ini.

IMG_0678

IMG_0668

Ya, Leonardo Da Vinci (1452-1519) adalah ilmuwan asal Italia, yang menggeluti matematika, sains, arsitektur, seni, musik, dan masih banyak bidang lainnya. Salah satu karyanya yang terkenal adalah lukisan Monalisa dan Perjamuan Terakhir.

IMG_0670

IMG_0679

Da Vinci juga tertarik dengan anatomi tubuh manusia, seperti diperlihatkan dalam dua foto di atas.

IMG_0680

IMG_0689

Nah, selain itu, Da Vinci banyak menciptakan berbagai peralatan sehari-hari, seperti tuas dan timba. Pada saat itu, pesawat terbang belum ada. Da Vinci termasuk orang pertama yang merancang sebuah ‘pesawat terbang’ sederhana, seperti diperlihatkan dalam foto di atas.

Sumber foto: Koleksi pribadi.

*Hendra Gunawan adalah dosen matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, sejak 1988. Pada tahun 2013, ia menggagas blog anakbertanya.com dan sejak itu mengelola blog tersebut yang menerbitkan jawaban para pakar atas berbagai pertanyaan anak-anak.

 

 

Tulis komentar