Siapa Dokter Pertama di Dunia?

Oleh: Diryati Widyantari* (Sarjana Kedokteran)

Halo, Dik Qaireen! Pertanyaan yang bagus sekali. Kalo Adik ingin tahu siapa dokter pertama di dunia, berarti boleh dong ya Kakak cerita soal sejarah awal mula kedokteran di dunia ini. Tenang kok, Kakak janji gak bakal boring ceritanya…

Sejak zaman dulu, manusia sudah tertarik dengan penyakit dan bagaimana mengobatinya. Manusia zaman purba mengenal seorang shaman, atau dukun kalau di zaman sekarang, yang bisa menghilangkan penyakit seseorang. Orang purba percaya bahwa shaman bisa menyembuhkan penyakit dengan kekuatan makhluk halus melalui ritual-ritual keagamaan khusus.

Selanjutnya, pengobatan manusia berkembang di belahan timur dan barat dunia. Pengobatan timur berkembang lebih dulu daripada pengobatan barat. Pengobatan timur ada yang tetap dianggap sebagai pengobatan tradisional, ada pula yang diakui dunia barat sebagai pengobatan alternatif, contohnya akupuntur dan yoga. Sementara, pengobatan barat berkembang menjadi bidang keilmuan yang berusaha lepas dari konsep shamanistik.

Ilmu kedokteran barat sangat dipengaruhi oleh bangsa Yunani kuno. Tokoh Yunani kuno yang mendapat julukan Bapak Ilmu Kedokteran ialah Hipokrates. Beliau yang membuat konsep bahwa ilmu kedokteran harus dibuktikan secara ilmiah, gak lagi berdasarkan konsep shaman dan keagamaan. Beliau pula yang membuat sumpah Hipokrates, janji pengabdian dokter yang diadaptasi ke dalam sumpah dokter modern. Apakah Hipokrates adalah dokter pertama di dunia? Ternyata bukan.

Ilmu kedokteran Yunani kuno ternyata banyak mengambil konsep kedokteran bangsa Mesir kuno. Jadi, dokter Yunani kuno belajar dari guru-guru di Mesir kuno. Seorang dokter beken di Mesir kuno bernama Imhotep, bahkan sampai dinobatkan menjadi dewa bangsa Mesir.

imhotep

Kok bisa ya, Imhotep yang manusia biasa dianggap setingkat dewa? Ini karena pada masa itu penyakit dianggap sebagai hukuman dari dosa, sehingga orang yang bisa menghilangkan penyakit dianggap dewa yang mengampuni dosa.

Kesimpulannya, Imhotep adalah dokter pertama di dunia yang tercatat dalam sejarah. Bisa saja ya Imhotep punya guru yang juga seorang dokter, tapi kita kan gak tahu siapa namanya.

Sumber gambar: http://www.youtube.com

*Diryati Widyantari adalah seorang dokter muda, lulusan Fakultas Kedokteran Unpad Bandung, yang saat ini sedang menjalani rotasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Di sela-sela rutinitasnya, ia menyempatkan diri untuk jalan-jalan dan menulis artikel ringan. Ia memiliki impian untuk membuat buku artikel kesehatan yang mudah dimengerti oleh siapapun.

Tulis komentar