Saya Belajar Matematika dengan Cara Mengerjakan Soal Dahulu, Setelah Itu Belajar Teorinya. Salahkah Cara Belajar Matematika Saya?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Hmm.. dulu waktu saya masih di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, bagaimana ya saya belajar matematika? Terus terang saya sudah lupa persisnya bagaimana.

Mungkin, seperti kamu, saya juga belajar melalui soal-soal. Tetapi, sebelum mengerjakan soal, tentunya kita harus tahu terlebih dahulu beberapa prinsip dasar kan?. Misalnya, untuk mengerjakan soal-soal perkalian antara dua bilangan, kita harus tahu terlebih dahulu dalam hal apa dan bagaimana kita menghitung m × n.

Nah, setelah kita mengerjakan banyak soal perkalian, kita bisa mencoba memahami teori atau konsep perkalian antara dua bilangan dan mempelajari sifat-sifat dasarnya, lalu mengerjakan soal-soal yang lebih sulit, hingga akhirnya kita menguasai betul apa perkalian itu.

belajar-matematika

Matematika merupakan ilmu tua, banyak fakta dan konsep matematika yang sudah dipelajari, terutama sejak zaman Yunani Kuno (kira-kira 2500 tahun yang lalu), dan terus berkembang hingga saat ini. Beberapa fakta dan konsep tersebut kemudian diajarkan di sekolah, supaya Adik-adik dapat menguasai matematika dengan terstruktur dan bertahap. Soal-soal membantu Adik-adik memahami berbagai konsep yang dipelajari.

Pemahaman dan penguasaan matematika bersifat kumulatif. Artinya, apa yang dipelajari sekarang kelak diperlukan untuk memahami konsep berikutnya. Karena itu, kuasailah dengan baik apa yang diajarkan di sekolah dasar dan sekolah menengah (atau yang setara). Ibarat mendirikan gedung, fondasinya harus dibangun terlebih dahulu. Kalau ingin mendirikan gedung yang tinggi, fondasinya harus dalam dan kokoh.

Sekalipun kamu mungkin tidak bercita-cita menjadi matematikawan, pemahaman dan penguasaan matematika yang baik kelak berguna dan mendukung karier kamu, karena matematika bukan hanya tentang dalil dan rumus, tetapi juga cara berpikir dan berargumen, serta memecahkan masalah.

Sumber gambar: http://www.ernweb.com

*Hendra Gunawan adalah dosen matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, sejak 1988. Pada tahun 2013, ia menggagas blog anakbertanya.com dan sejak itu mengelola blog tersebut yang menerbitkan jawaban para pakar atas berbagai pertanyaan anak-anak.

 

Tulis komentar