Pelangi Terbuat dari Apa?

Oleh: Fourier Dzar Eljabbar Latief* (Fisikawan)

Dalam keseharian kita, biasanya kita dapat melihat pelangi setelah terjadi hujan. Namun tahukah Adik-adik kalau pelangi dapat kita lihat juga di sekitar air terjun atau air mancur, seperti pada gambar di bawah ini?

pelangi

Sebenarnya, pelangi terbentuk dari cahaya Matahari. Cahaya Matahari merupakan salah satu jenis cahaya yang tersusun dari berbagai warna.

Nah, bila terdapat butir-butir air di udara, cahaya Matahari itu dibelokkan oleh butir-butir air tersebut sehingga berbagai warna yang terdapat pada cahaya Matahari terurai dan akhirnya terbentuklah pelangi seperti yang biasa kita lihat.

Bila Adik-adik ingin tahu mengenai “cahaya yang tersusun dari berbagai warna”, ada permainan sederhana yang disebut dengan Newton’s Disc, yang menunjukkan kalau cahaya putih seperti cahaya Matahari itu sesungguhnya tersusun dari berbagai warna. Adik-adik bisa melihatnya di sini >> https://www.youtube.com/watch?v=cPHOCysZS2k. /HB

Sumber gambar : http://blog.reservasi.com/air-terjun-pelangi-di-malang/

*Fourier Dzar Eljabbar Latief mendapat gelar Sarjana, Master, dan Doktor dalam bidang Fiska dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung (FMIPA-ITB). Sekarang ia menjadi dosen bidang Fisika di Kelompok Keahlian Fisika Bumi dan Sistem Kompleks, FMIPA-ITB.

Tulis komentar