Mengapa Setiap Kita Kurang Minum, Kita Dehidrasi?

Oleh: Diryati Widyantari* (Dokter)

Halo Dik Stefi.. Penasaran ya mengapa setiap kita kurang minum, kita mengalami dehidrasi? Apakah dehidrasi itu berbahaya?

Kenapa sih manusia butuh minum air yang cukup? Supaya tidak makin bingung, Kakak coba jawab pertanyaan kamu ya… Semoga bermanfaat! 🙂

Sebagian besar tubuh manusia tersusun dari air. Ya, bisa dibilang hampir delapan puluh persen dari tubuh kita tersusun dari air! Selain darah yang begitu cair, ternyata organ-organ tubuh manusia lainnya juga terdiri dari cairan, seperti otak, paru-paru, jantung, hati, dan ginjal!

Wah… gak kebayang ya kalau kita sampai kekurangan cairan dalam tubuh, bisa jadi organ-organ tubuh kita mogok kerja alias tidak bisa berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, kita disarankan untuk meminum air secara rutin setiap harinya, meskipun terkadang kita tidak merasa haus. 🙂

Pada saat tubuh kita kekurangan cairan atau air, pada saat itu lah kita mengalami dehidrasi. Secara lengkapnya, dehidrasi bisa diartikan sebagai keadaan ketika tubuh kekurangan cairan sehingga tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal.

Manusia tidak dapat memproduksi cairan dalam tubuhnya, sehingga kita sangat tergantung dengan jumlah air yang kita minum setiap harinya. Nah, air yang kita minum ini akan disebarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Darah sendiri merupakan alat transportasi dalam tubuh yang memindahkan zat-zat penting yang dibutuhkan organ-organ tubuh, seperti oksigen, ion-ion tubuh, dan tentunya air!

Sekarang kita fokus dulu yuk ke darah. Seperti pada gambar yang ditampilkan di atas, darah juga termasuk organ tubuh yang sangat membutuhkan air. Darah yang tidak cair, namanya bukan darah dong, he he.

Darah kita mengandung cairan (biasa disebut plasma darah) dan padatan (eritrosit, leukosit, trombosit). Ketika kita kurang minum, air yang masuk ke dalam tubuh akan sedikit sehingga darah yang normalnya cair dan bersirkulasi ke seluruh tubuh akan tersendat… Persentase air dalam darah akan berkurang seiring dengan mengentalnya darah tubuh. Pada kondisi itu, cairan dari sel-sel tubuh akan pindah ke darah yang kental sehingga darah bisa kembali cair. Namun, sel-sel tubuh lah yang menjadi kekurangan air alias dehidrasi!

Jika dehidrasi tidak diatasi, akibatnya bisa berujung dengan kematian. Coba ingat, air sangat dibutuhkan oleh organ-organ penting tubuh untuk bekerja dengan normal. Jika otak, jantung, paru-paru, semuanya kekurangan air, bagaimana seorang manusia bisa hidup? 🙁

Nah, sekarang bagaimana supaya kita tidak dehidrasi? Caranya gampang, Adik-adik cukup minum air rutin setiap harinya biar badan selalu sehat dan prima, he he.

Akhir kata, minum itu sama pentingnya dengan makan. Bukan hanya untuk menghilangkan rasa haus, tapi air juga berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Yuk, minum air yang cukup! 🙂

Sumber gambar:

http://iqroglobal.com/5-kebiasaan-sehat-setelah-bangun-pagi-yang-patut-anda-coba-38

2 Rodamemn, berdasarkan informasi dari http://dinkes.balangankab.go.id/

Diryati Widyantari adalah seorang dokter lulusan Universitas Padjadjaran yang saat ini berdomisili di Cilegon, Banten. Selain suka mengajar dan menulis artikel, Diryati juga memiliki hobi travelling dan berwisata kuliner. Diryati telah menghasilkan beberapa artikel untuk Anakbertanya.com, dan salah satu dari artikel tersebut pernah dibawakan pada salah satu radio swasta di Jakarta sebagai topik yang menarik untuk dibicarakan. Kamu bisa menghubungi Diryati via instagram @dirwidya01 atau untuk sekadar mengetahui keseharian seorang Diryati. 🙂

Tulis komentar