Mengapa Pembagian Bilangan dengan 0 Tidak Bisa Dilakukan? [G]

Oleh: Nursatria Vidya Adikrisna* (Guru)

Adik-adik penasaran ya, mengapa pembagian dengan nol, atau pembagian suatu bilangan dengan nol, tidak bisa dilakukan?

Contoh: 10 : 0, 6 : 0 atau 3 : 0.

Nah… berapa hasilnya? Berapa 10 : 0? Berapa 6 : 0? Berapa 3 : 0? Tiga-tiganya mempunyai jawabannya yang sama yaitu tidak ada jawabannya. Semua pembagian dengan nol tidak ada jawabannya atau istilah matematikanya tidak terdefinisi.

Pembagian dengan nol

Mengapa begitu?

Jika 4 permen dibagikan kepada 2 anak, maka tiap anak mendapat berapa permen, adik-adik? Tentu saja masing-masing mendapat 4 : 2 = 2 permen. Nah.. sekarang bagaimana kalau anaknya tidak ada. Bisakah kita membagikan 4 permen kepada 0 anak? Jelas tidak bisa, bagaimana bisa dibagikan, anak-anaknya saja tidak ada. Mau dibagikan ke anak tuyul?

Itulah sebabnya pembagian dengan nol tidak terdefinisi. Karena kita tidak bisa membagikan permen-permen kepada nol anak.

Kalau pun dipaksakan, misalnya 10 : 0 = k, dengan k suatu bilangan, maka kita akan memperoleh k × 0 = 10, sesuatu yang mustahil. Jika ada yang menuliskan 10 : 0 = ∞, pertanyaannya ∞ itu apa? Berapa ∞ × 0?

Dengan berbagai alasan ini, pembagian dengan nol tidak didefinisikan atau tidak terdefinisi.

Ilustrator: Frans Mateus Situmorang

*Nursatria Vidya Adikrisna adalah Sarjana Matematika dari FMIPA UGM. Sejak 2008 menjadi Blogger matematika di http://ariaturns.wordpress.com/ dan telah menghasilkan lebih daripada 500 tulisan. Saat ini ia menjadi guru Matematika di salah satu SMA swasta di Bogor.

4 thoughts on “Mengapa Pembagian Bilangan dengan 0 Tidak Bisa Dilakukan? [G]

  1. Bagaimana dengan 0:0? Apakah juga jawabannya tidak terdefinisi? Karena jika 0:0=k maka kita akan memperoleh k x 0 = 0. Jika k = 1 maka 1×0 = 0, betul. Jika k = 2 maka 2×0=0 juga betul. Bahkan semua bilangan k jika dikali 0 hasilnya juga 0 dan memenuhi persamaan.

  2. jika dibagi 0 dianggap tidak ada orangnya? bagaimana dengan negatif, padahal negatif lebih kecil dari 0…

Tulis komentar