Mengapa Pelangi Berbentuk Setengah Lingkaran?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Adik-adik penasaran mengapa pelangi berbentuk setengah lingkaran ya? Kak Janto sudah menjelaskan sebelumnya bagaimana pelangi bisa terbentuk (lihat: http://anakbertanya.com/bagaimana-terjadinya-pelangi/).

Pelangi biasanya terbentuk ketika Matahari bersinar (kembali) setelah hujan. Bila Matahari berada di belakang kita dan butir-butir air hujan masih banyak tersisa di udara di depan kita, maka kemungkinan kita akan melihat pelangi yang indah itu.

Lalu, mengapa bentuknya mesti setengah lingkaran? Nah, hal ini terjadi karena cahaya dari Matahari dipantulkan dan dibelokkan oleh butir-butir air hujan tersebut. Namun, yang tertangkap oleh mata kita hanya pantulan dari butir-butir air hujan tertentu saja.

pantulan pelangi

Dengan bantuan matematika, dapat dihitung bahwa hanya pantulan dari butir-butir air hujan yang membentuk sudut sekitar 42° dengan mata kita yang akan tertangkap oleh mata kita. (Psst, pelangi yang kita lihat dari tempat kita berdiri dengan pelangi yang orang lain lihat dari tempat yang berbeda merupakan pelangi yang berbeda loh!)

sudut pelangi

Butir-butir air hujan yang membentuk sudut tersebut akan membentuk busur lingkaran. Bila kita melihat pelangi tersebut dari atas bukit yang cukup tinggi, kita mungkin bisa melihat pelangi yang berbentuk lingkaran penuh. Adik-adik tahu bangun ruang bernama kerucut kan? Nah, bayangkan ada kerucut melintang ke samping: mata kita adalah titik puncak kerucut, sedangkan pelangi yang kita lihat adalah lingkaran tepi alas kerucut tersebut.

lingkaran pelangi

Namun, bila kita melihat pelangi tersebut dari permukaan tanah (yang rendah), maka kita hanya akan melihat pelangi yang berbentuk setengah lingkaran.

Sumber gambar:

1-2. http://personal.fmipa.itb.ac.id/hgunawan/

3. http://www.slate.com

*Hendra Gunawan telah menjadi dosen Matematika di FMIPA ITB sejak 1988. Ia mendapatkan gelar doktor dalam bidang Matematika dari UNSW Australia pada tahun 1992. Selain mengajar, ia sering memberi pelatihan pada guru, dan sejak 2013 ia juga meluangkan waktunya bagi anak-anak melalui situs anakbertanya.com ini.

5 thoughts on “Mengapa Pelangi Berbentuk Setengah Lingkaran?

  1. Heheehe baru tau saya… dulu tahunya ada pelangi tanda ada bidadari mau mandi di kali… Setelah sekolah, tahu kalau pelangi itu pantulan cahaya matahari terhadap sisa2 butiran air hujan, ini baru tahu klo sebenarnya pelangi berbentuk lingkaran… Info yang bermanfaat.

  2. hehehe memang pelangi itu sebenarnya berbentuk lingkaran, tetapi karena sudut pandang kita terhadap pelangi itu yang bikin ia hanya terlihat setengah lingkaran. cmiiw.

Tulis komentar