Mengapa Musik Bisa Bersuara Kencang?

Oleh: Dandhy Ratri Antoro* (Pemusik & Pendongeng)

Pertama, Kakak akan menjawab mengapa musik bisa bersuara atau berbunyi. Itu karena instrumen-instrumen musik seperti gitar, biola, piano, atau bahkan suara kita sendiri mampu menggetarkan udara. Jika udara tiada, niscaya kita takkan bisa mendengar apa-apa. Dan ketika semakin besar kemampuan instrumen musik tersebut menggetarkan udara, semakin kencang pula kita akan mendengar bunyi musiknya.

Berikutnya, tahukah kamu, bahwa pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menemukan dan mematenkan alat pengeras suara pertama di dunia. Setelah itu, teman-temannya yang lain kemudian mengembangkan dan mengembangkan lagi penemuan Bell tadi. Hingga kemudian hadirlah pengeras suara yang mampu meningkatkan kemampuan suara menggetarkan udara.

Dengan pengeras suara, musik bisa terdengar kencang dan lebih kencang lagi, seperti yang kamu sering dengar di berbagai pertunjukan masa kini.

Sumber gambar: http://pt.depositphotos.com

*Dandhy Ratri Antoro adalah sarjana Geografi lulusan Universitas Indonesia yang gemar bermain musik dan mendongeng. Instrumen musik yang sering dimainkannya adalah ukulele, sehingga ia lebih dikenal sebagai Dandi Ukulele.

 

Tulis komentar