Mengapa Manusia Harus Berpakaian?

Oleh: Britania Sari (Direktur Pengelola “Privatlingua)

Hmm.. ini pertanyaan yang menarik! Mengapa ya manusia harus berpakaian? Makhluk hidup lainnya koq tidak? Kadang-kadang ada juga sih anjing atau monyet yang memakai baju, tapi didandani oleh pemiliknya. Sementara manusia berpakaian atas kesadarannya sendiri. Ya ‘kan?

Manusia memang berbeda dengan binatang. Manusia tidak memiliki penutup badan seperti bulu tebal atau kulit tebal. Coba kalian bayangkan, bila pada musim hujan kalian tidak berpakaian, apa yang akan kalian rasakan? Pasti terasa dingin luar biasa, menggigil kedinginan dan bisa menjadi sakit karenanya. Atau, pada saat cuaca terik dan kalian tidak berpakaian, panas menyengat akan menyebabkan kerusakan pada kulit. Oleh karena itu manusia, dengan kecerdasannya, menciptakan pakaian untuk melindungi tubuhnya dari sengatan panas dan juga cuaca dingin.

Selain itu berpakaian juga dapat melindungi tubuh kita dari debu dan gangguan binatang, khususnya serangga seperti tungau (kutu busuk) yang dapat menyebabkan gatal di kulit. Di jaman moderen, pakaian juga dimaksudkan untuk melindungi tubuh dari paparan langsung bahan kimia berbahaya, terutama untuk para pekerja yang berinteraksi langsung dengan bahan-bahan kimia.

Masih banyak fungsi lainnya dari pakaian. Untuk bangsa atau suku tertentu, pakaian merupakan bagian dari tradisi atau kebudayaannya. Kita mengenal banyak pakaian adat, yang biasa dikenakan pada acara-acara khusus seperti perkawinan atau perayaan hari tertentu. Dalam agama tertentu, pakaian juga dimaksudkan untuk menutup anggota tubuh tertentu, termasuk rambut di kepala. Lalu ada juga pakaian seragam untuk tentara, polisi, pegawai negeri sipil, dan lain-lain.

Bagi masyarakat umum, busana yang serasi bisa memberikan rasa percaya diri yang tinggi bagi pemakainya. Dengan berpakaian rapi, kita juga menghormati orang lain yang kita hendak temui. Nah, kamu sudah berpakaian rapi belum?

Sumber gambar: http://ipll.manoa.hawaii.edu

Tulis komentar