Mengapa Lem Itu Lengket?

Oleh: Fourier Dzar Eljabbar Latief* (Fisikawan)

Pada saat saya kecil, saya sering kali melakukan kegiatan gunting tempel pada pelajaran seni rupa. Suatu ketika tangan saya tidak sengaja mengenai lem dan terasa lengket pada tangan saya. Namun apa sih yang membuat lem itu lengket?

Pada dasarnya, lem memiliki dua sifat yang disebut adhesif dan kohesif. Sifat adhesif adalah suatu sifat yang dimiliki benda sehingga benda tersebut memiliki gaya tarik-menarik yang kuat dengan benda lainnya (yang juga memiliki sifat adhesif).

lem lengket

Sifat kohesif adalah suatu sifat yang membuat suatu benda memiliki gaya tarik-menarik yang kuat antar dirinya sendiri. Sifat adhesif dan kohesif pada lem sengaja dibuat agar lem memiliki gaya tarik-menarik yang kuat, baik antar dirinya sendiri maupun dengan benda lainnya.

Sebagai akibatnya, jika suatu benda sudah dilem dengan benda lainnya, maka kedua benda tersebut akan sulit untuk dilepaskan. /HB

Sumber gambar: http://wonderopolis.org

*Fourier Dzar Eljabbar Latief mendapat gelar Sarjana, Master, dan Doktor dalam bidang Fiska dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung (FMIPA-ITB). Sekarang ia menjadi dosen bidang Fisika di Kelompok Keahlian Fisika Bumi dan Sistem Kompleks, FMIPA-ITB.

Tulis komentar