Mengapa Kita Harus Mempelajari Banyak Matapelajaran?

Oleh: Iwan Syahril (Pendidik)

Wah, pertanyaan yang bagus sekali! Menurut saya kita perlu belajar banyak matapelajaran supaya kita punya ilmu pengetahuan yang luas. Semakin banyak ilmu yang kita kuasai, semakin mudah kita mencapai cita-cita.

Cita-cita kamu mau jadi apa? Saya beri contoh, ya. Misalnya, kamu mau menjadi pedagang. Nah, untuk menjadi pedagang yang sukses, kita perlu kemampuan bahasa yang bagus. Perlu bisa membaca, menulis, pintar berkomunikasi, dan pintar tawar menawar.

Tentunya seorang pedagang juga harus pandai berhitung, mulai dari hitungan sederhana, hingga hitungan yang sulit. Pelajaran matematika mengajarkan ini, bukan?

Lalu ketika berdagang, kita juga berhubungan dengan orang dari berbagai suku dan budaya. Di pelajaran IPS kita pun belajar tentang ragam budaya di Nusantara dan seluruh dunia.

Pedagang yang baik harus pula bersifat jujur dan dapat dipercaya. Karena itu di pelajaran PKN dan pelajaran agama kita diajarkan bagaimana bersikap yang baik dengan sesama.

tumpukan-buku-buku

Kamu sekarang kelas berapa? Bercita-citalah setinggi-tingginya dan terus tekunlah belajar. Semua pelajaran itu penting, dan akan membantumu mencapai cita-citamu itu!

Sumber gambar: http://www.dakwatuna.com

One thought on “Mengapa Kita Harus Mempelajari Banyak Matapelajaran?

  1. Tapi sebenarnya mata pelajaran di negara kita ini agak sedikit lebih banyak dari mata pelajaran di negara lain. Kalau saja kamu mau belajar semuanya itu bagus, tapi kalau tak sanggup beberapa pun tidak apa-apa. Kamu tidak diharapkan untuk jago di semua pelajaran. Kalau ada yang kamu suka pelajari lah sebisanya, kalau ada yang kurang suka jangan juga membencinya suatu saat ia akan berguna.

Tulis komentar