Mengapa Kami Harus Disuntik di Sekolah? Apakah Tidak Bisa Diganti dengan Minum Obat?

Oleh: Muhammad Irfan Hilmy Yusuf* (Sarjana Mikrobiologi)

Halo, kamu sudah disuntik di sekolah? Wah, pasti kamu berani dong disuntik! ?

Tujuan kamu disuntik di sekolah adalah untuk imunisasi, agar kamu lebih tahan terhadap penyakit dan tidak mudah sakit. Imunisasi akan membantu tubuh kamu untuk lebih baik dalam membasmi kuman-kuman yang menyerang kamu setiap hari. Apalagi kalau kamu sering main di luar rumah, pasti kamu lebih sering terkena kuman-kuman dong. Agar kamu lebih aman dari penyakit dan bisa main dengan bebas sama teman-teman kamu, kamu harus diimunisasi dulu supaya tubuh kamu kuat dan sehat.

Kamu diberikan imunisasi oleh dokter tidak hanya di sekolah saja. Dulu waktu kamu masih bayi, kamu juga diberikan imunisasi oleh dokter agar kamu yang masih bayi lebih kuat terhadap penyakit dan bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Setelah kamu tumbuh menjadi balita, kamu tetap diberikan imunisasi secara rutin oleh dokter agar kamu makin kebal terhadap penyakit. Kuman penyakit itu bisa menyerang siapa saja loh, saya, kamu, orangtua, kakek, nenek, dokter, guru, semuanya bisa terserang kuman penyakit.

imunisasi

Jenis imunisasi yang diberikan pada saat kamu bayi, balita dan setelah masuk sekolah itu berbeda-beda, karena jenis kuman penyakit juga berbeda-beda dan jumlahnya sangat banyak. Karena itu, kamu akan disuntik beberapa kali sejak kecil hingga lulus SD. Orang dewasa juga ikut imunisasi loh, dan disuntik juga agar tubuhnya tetap kuat dalam melawan penyakit.

Kalau kamu tidak disuntik imunisasi, tubuh kamu tidak akan punya senjata untuk melawan kuman penyakit. Jika tubuh kamu tidak punya senjata untuk melawan kuman, kamu nanti akan mudah terkena penyakit. Penyakit-penyakit seperti cacar, campak, hepatitis, flu, tetanus akan menyerang dan merusak tubuh kamu. Nanti kalau kamu terkena penyakit, kamu tidak akan bisa masuk sekolah, tidak bisa main dan tidak bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Jadi, jangan takut untuk disuntik ya, karena dengan disuntik kamu akan menjadi anak yang sehat, kuat, dan cerdas.

Sumber gambar: http://menara62.com

*Muhammad Irfan Hilmy Yusuf mendapat gelar sarjana dalam bidang Mikrobiologi dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB pada tahun 2015. Saat ini ia bekerja sebagai penulis dan penyusun database penyakit dan obat di situs kesehatan Alodokter.com.

Tulis komentar